by

BI Terbitkan E-Infaq Di Makassar

Wartasulsel.net, – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan meluncurkan sekaligus memperkenalkan program e-Infaq di Kota Makassar. Sedekah non-tunai pertama di Kota Daeng diluncurkan di Masjid Menara Bosowa, Jumat kemarin (17/2/2017).

 

Untuk saat ini, BI baru sebatas menggandeng BNI sebagai mitra penyelenggaraan e-Infaq.

 

Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel Wiwiek Sisto Widayat mengatakan program e-Infaq akan disebarluaskan ke sejumlah masjid di Makassar.

 

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Wiwiek, sedekah non-tunai itu akan ditempatkan di lokasi-lokasi lainnya, seperti panti asuhan. Ke depannya program e-Infaq ini juga melibatkan perbankan lain.

 

“Kita akan roadshow agar masyarakat mengenal dan tahu tata cara penyaluran infak tidak sebatas dilakukan secara tunai.

 

Ke depannya, kita juga sounding program ini ke perbankan lain yang memang sudah memiliki jaringan, seperti BRI dan Mandiri,” kata Wiwiek seusai peluncuran program e-Infaq di Makassar.

 

Menurut Wiwiek, sosialiasi program e-Infaq dilakukan tidak hanya dengan menggelar roadshow ke masjid-masjid setiap Jumat.

 

BI Sulsel akan menyebar brosur maupun tulisan mengenai program sedekah non-tunai tersebut. Untuk tahap awal ini, sosialisasinya akan menyasar masjid-masjid besar, seperti Masjid Al Markaz Al Islami.

 

Disinggung perihal penyaluran hasil e-Infaq, Wiwiek mengatakan akan ditentukan setelah evaluasi triwulan.

 

Terdapat tiga opsi penyaluran, yakni melalui Baznas, lembaga-lembaga serupa lainnya, atau langsung menyalurkan ke sasaran penerima.

 

“Kita lihat nanti perkembangan setelah evaluasi,” tutur dia.

Untuk program teranyar dalam transaksi non-tunai ini, Wiwiek mengaku belum bisa mematok target pencapaian. Terlebih, e-Infaq ini sama sekali belum dikenal oleh masyarakat.

 

Karena itu, fokus utamanya untuk saat ini yakni sosialisasi tanpa memasang target pencapaian.

 

“Kalau target belum ada. Kita perkenalkan dulu dan lihat responsnya,” ujarnya.

 

Pemimpin Cabang BNI Makassar Hadi Santoso mengatakan pihaknya senantiasa mendukung program BI dalam upaya peningkatan transaksi non-tunai.

 

Terlebih, program e-Infaq ini juga dalam rangka mendorong transparansi sedekah ataupun infaq.

 

“Prinsipnya program yang digagas bersama ini akan selalu di-support dalam rangka transparansi sumbangan atau infaq. Juga sekaligus bagaimana mengurangi jumlah uang yang beredar,” pungkasnya.

 

Redaksi wartasulsel.net/wartaekonomi