by

Jokowi : Minta Ekonomi Jangan Hanya Terpusat Di Jawa

Wartasulsel.net, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas pada hari ini kembali menyoroti mengenai masalah pemerataan ekonomi. Jokowi pun menekankan bahwa fokus perhatian pemerintah harus banyak dicurahkan dalam rangka untuk mengatasi ketimpangan antar daerah dengan cara mempercepat pembangunan infrastruktur.

Tak hanya itu, pemerintah juga harus memperlancar konektivitas antara daerah, serta memperbesar transfer dana ke daerah dan transfer dana ke desa. Jokowi pun ingin ekonomi Indonesia tak hanya terfokus di Pulau Jawa.

“Kita ingin pergerakan ekonomi nasional tidak hanya berpusat di jawa tapi bisa menyebar secara merata dan berkeadilan sampai ke seluruh pelosok tanah air, termasuk di wilayah-wilayah pinggiran Indonesia,” tuturnya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Pada tahun 2017, Jokowi ingin pemerintah bekerja lebih fokus untuk mewujudkan pemerataan ekonomi, terutama memperkecil ketimpangan ekonomi antar yang kaya dengan yang miskin. Jokowi pun ingin agar kebijakan pemerataan ekonomi ini menyentuh lapisan kelompok masyarakat terbawah.

“Untuk itu diperlukan langkah-langkah terobosan kebijakan baik melalui redistribusi aset, langkah-langkah afirmasi untuk memberikan kesamaan kesempatan serta peningkatan akses pendidikan dan keterampilan bagi 40% kelompok masyarakat terbawah,” tutupnya.
Redaksi wartasulsel.net/okezoneā€Ž