by

Inflasi karena Kenaikan Tarif Urus STNK Hanya Sekali

Wartasulsel.net, Nasional – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Januari 2017 terjadi inflasi sebesar 0,97%. Kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan menyumbang inflasi paling besar. Biaya administrasi surat-surat kendaraan seperti STNK, BKPB naik sehingga andilnya 0,23%.

Kepala Departemen Ekonomi Center For Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan jika kenaikan ini tidak terlalu tinggi. Juga tidak akan mempengaruhi inflasi tahunan.

“Kalo menurut saya ini kan 1 kali kenaikan, itu enggak akan terus-terusan cukup 1 kali. Maka dampaknya tidak akan besar pada inflasi tahunan. Ini akan Januari saja,” ungkapnya

Menurutnya, Pemerintah tidak perlu mengkaji ulang peraturan kenaikan tarif administrasi STNK dan BPK tersebut. Karena kenaikan ini hanya bulan ini saja, tidak akan naik setiap bulan.

“Enggak (perlu dikaji), karena harganya sudah ditetapkan, ini masuk reguler surprise, surprise itu jadi kenaikan cuma pada saat itu saja. Enggak akan setiap bulan naik. Walaupun memang besok-besok ada pendaftaran-pendaftaran baru untuk motor,” tukasnya.

 

Redaksi wartasulsel.net/okezonecom‎