JK setuju Mubes IKA Unhas di Makassar

Sosbud28 views

Makassar,- Leadership pengayom JK terbukti sekali lagi di Makassar. Demi nama besar Unhas dan solidaritas membesarkan Unhas melalui roda organisasi yang akuntabel dan demokratis, Wapres dua periode itu akhirnya setuju perhelatan Mubes IKA Unhas digelar di Makassar.

Informasi itu disampaikan Ziaul Haq Nawawi, pilar Forum Alumni Unhas kepada media ini, 29 Januari 2022.

Daeng Manye

Dia menyatakan bahwa Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin, H.M Jusuf Kalla telah menerima kaos ‘harapan besar alumni’ dari perwakilan Forum Alumni Universitas Hasanuddin bertuliskan MUBES IKA UNHAS di Makassar Lebi Cepa Lebi Bae disaksikan ketua harian Pengrus Pusat IKA Unhas, Prof Idrus Paturusi.

Pria jebolan Fakutas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang selama ini antusias bersama alumni lainnya untuk mendorong pelaksanaan Musyawarah Besar IKA Unhas digelar di Kota Daeng Makassar mengaku lega.

“Perjuangan mengembalikan IKA Unhas ke track yang semestinya telah bersambut baik oleh ketua umum IKA Unhas,” ucapnya.

Menurutnya, anggota Forum Alumi yang hadir di antaranya, Dr Sudirman Numba, Dr Sawedi Muhammad, Sahman dan Ziaul Haq Nawawi.

“JK menerima tim Forum Alumni bersama beberapa Ketua IKA Fakultas atau Jurusan dalam rangka membahas rencana pelaksanaan Mubes IKA, dan diputuskan bahwa akan berlangsung di Makassar pada tanggal 4 hingga 5 Maret 2022,” terang pria yang akrab disapa Cawi ini.

“JK berharap agar pelaksanaan Mubes dan pengelolaan organisasi Ika unhas kedepannya harus didasarkan pada AD/AET organisasi,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, anggota Forum Alumni dan IKA Fakultas berharap penyelenggara kegiatan dalam hal ini Steering dan Organizing Committee terkait pelaksanaan Mubes di Makassar dapat direvisi/dilengkapi dengan melibatkan FA dan unsur kampus.

“JK menyetujui dengan meminta Prof Idrus Patrurusi untuk membahas di tingkat pengurus pusat,” imbuh Cawi.

Dia menegaskan bahwa pada dasarnya JK menginginkan agar mubes IKA dapat melibatkan sebanyak mungkin alumni dengan meminta perubahan AD/ART lewat Mubeslub khususnya terkait dengan pelibatan sebanyak alumni dalam pemilihan ketua umum.

“Namun karena alasan teknis sehingga disepakati untuk menjalankan sistem proporsional yang berkeadilan. Oleh karena itu perlu memikirkan pelibatan alumni dalam bentuk lain yang mungkin menjadi rangkaian kegiatan Mubes,” jelasnya.

Hal lain, lanjut Cawi, terkait munculnya wacana pimpinan IKA dalam bentuk presidium, JK mengarahkan untuk dibahas dalam Mubes tentang kemungkinannya.

“Sekali lagi semua perubahan yang diinginkan harus dibahas di Mubes dengan tetap mengacu pada AD/ART,” pungkas Cawi.

Terkait pertemuan dimaksud Cawi, beberapa nama alumni Unhas yang hadir dalam pertemuan itu adalah Prof Idrus Paturusi, Prof Farida Patittingi, Prof Amran Razak, Sasmito, Dr Hasrul, Dr Sudirman Numba, M. Sapri Pamulu, Ph.D, Salahuddin Alam, M. Irfan AB hingga Sahman.

(EML-redws)