Kebakaran’ di Sekolah Islam Athirah, Siswa dan Guru Berlarian Keluar

Peristiwa42 views

Wartasulsel.Net Makassar- Ratusan siswa dan guru Sekolah Islam Athirah Jalan Kajaolaido Nomor 22 Makassar tumpah ruah meninggalkan gedung saat asap tebal terlihat di gedung berlantai 8 itu, Selasa (11/1/2022).

Kejadian bermula saat ledakan keras terdengar dari selasar lantai 7, ledakan itu kemudian diikuti asap tebal yang terlihat di lantai 8.

Daeng Manye

Tidak lama kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar pun datang. Tim pemadam langsung menyemburkan air di sisi kiri gedung.

Menurut saksi mata, Annas yang juga guru SMA Islam Athirah 1 Makassar, peristiwa itu terjadi tepat pukul 10.07 WITA. Ia saat itu berada di ruang guru lantai 7. Mendengar ledakan yang diikuti bau asap, Annas kemudian mengambil tasnya kemudian berlari menuju tangga darurat.

“Saya dengar ledakan, terus ada bau asap, saya langsung ambil tas, saya lari turun, ternyata siswa dan guru lainnya sudah pada berlarian,” ucap Annas.

Menurut Kepala Seksi Sarana dan Lingkungan Sekolah Islam Athirah, Imelda Makkuassang, kegiatan itu hanyalah simulasi. Kegiatan itu bertujuan mengedukasi siswa, guru, dan karyawan jika sekiranya benar-benar terjadi kebakaran.

“Ketika tidak diminta-minta ini terjadi, anak-anak sudah tahu alurnya, apa yang harus mereka lakukan, di mana mereka harus jalan,” ucap Imelda.

Lanjut Imelda, Sekolah Islam Athirah telah membentuk tim tanggap darurat, dari simulasi itu tim tersebut juga memerankan tugasnya sebagai garda penanganan bencana.

“Jadi mereka harus tahu tugasnya, bagaimana dia mengarahkan siswa ke titik kumpul, bagaimana ia menginisiasi orang untuk keluar dari lokasi terjadinya bencana,” tutupnya.

(RUD)