by

SMKP Taruna Nusantara Jaya Kabupaten Gowa melaksanakan Masa Dasar Bimbingan Mental (Madabintal) Tahun 2021

Wartasulsel. Net Gowa- SMK Pelayaran Taruna Nusantara Jaya Kabupaten Gowa melaksanakan MADABINTAL (Masa Dasar Bimbingan Mental) yang dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 26 September 2021. Karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka penerapan Protokol Kesehatan dilakukan dengan sangat ketat pada Madabintal kali ini. Kegiatan Madabintal dilaksanakan di Lingkungan Sekolah dan di sekitarnya, serta di Pesisir Pantai Tanjung Bayang Makassar. Pesertanya adalah Taruna-taruni Kelas X dan Kelas XI dengan pengawasan dari Instruktur dan Guru serta Staf Batalyon sekolah.

“Madabintal adalah satu ciri khas dari Sekolah Kemaritiman yang tidak terpisahkan bagi taruna-taruni tingkat pertama. Madabintal merupakan pembinaan fisik dan mental, kegiatannya berhubungan dengan kedisiplinan, tanggung jawab, sikap tangguh, bekerja secara efisien dan tepat waktu”, kata Kepala SMKP Taruna Nusantara Jaya, Drs. H. Muchtar saat Upacara Pembukaan Madabintal, Senin (20/9).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Madabintal menjelaskan bahwa selama pelaksanaan madabintal ini dipastikan tidak ada kekerasan dalam bentuk apapun, baik fisik maupun psikis apalagi perlakuan yang tidak manusiawi kepada peserta. Sebab tujuannya adalah mengenalkan dan membiasakan taruna-taruni mampu beradaptasi lingkungan dan cara hidup taruna di lingkungan pendidikan.

Selama 4 (empat) hari peserta digembleng dari fisik yang lemah menjadi kuat, mental yang penakut menjadi bermental baja yang berani kepada keadaan apapun. Saling menghargai menyayangi dan menghormati antar sesama dan menjaga kekompakan soliadaritas satu civitas. Tanggap melakukan sesuatu dari hal yang kecil seperti membersihkan lingkungan sampai tanggap dalam membantu atasan atau senior. Pada Madabintal dipenuhi kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris), olahraga fisik, dan penanaman jiwa korsa, terdapat kegiatan longmarch (berjalan jauh) dari sekolah sampai Pantai Tanjung Bayang Makassar dan melakukan upacara laut, serta bakti sosial membersihkan lingkungan sekitar pantai. Pada kegiatan akhir kembali dilanjutkan dengan Jurit Malam dan Api Unggun malam hari di lingkungan sekolah.

“Sampai pada penutupan di hari keempat tanggal 26 September 2021, pelaksanaan Madabintal SMKP Taruna Nusantara Jaya berjalan dengan lancar dan semoga para peserta menjadi lebih kuat mental dan fisik serta dapat menjadi pelaut Indonesia yang profesional”, ungkap Ketua Panpel Madabintal.