by

Bawaslu Bantaeng Gelar Lomba Video Pendek

Wartasulsel.Net,_||  – Guna mewujudkan Pemilih milenial anti politik uang dan berita hoaks, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bantaeng menggelar Kontes Lomba Vidio Pendek yang menginsfiratif. Pada Pelaksanaan lomba Vidio pendek tersebut diikuti puluhan Siswa/i Tingkat SMK/SMA dan sederajat Selasa, 31 Agustus 2021.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bantaeng Muhammad Saleh S.Pd
mengatakan bahwa lomba Vidio pendek ini adalah bertujuan untuk menginspirasi pemilih milenial agar tidak muda terpengaruh dengan politik uang.

“Ucapan terima kasih kepada PT Pegadaian (Persero) Bantaeng yang telah mensupport pada kegiatan lomba Vidio pendek yang dilaksankan oleh Bawaslu Bantaeng,” Ujar Saleh.

Muhammad Saleh juga menjelaskan bahwa kegiatan kontes video pendek ini diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Bantaeng adalah kegiatan kedua yang pertama di tahun 2020 lalu kemudian tahun 20021 ini.

“Sasaran kita memang utamanya adalah para pelajar yang sudah memasuki dan sudah punya hak pilih, ataupun yang akan memasuki usia nanti di pemilu serentak 2024 dan pemilihan atau Pilkada serentak 2024,” Katanya.

Selain itu lanjut Saleh, kenapa kemudian kami sasar kalangan pelajar, karena mereka adalah pemilih pemula yang belum terkontaminasi dengan apa hal-hal buruk dalam dunia politik, seperti politik uang isu sara dan Hoax. Sehingga Bawaslu ingin mereka memulai mempergunakan hak-hak mereka sebagai pemilik nantinya,” Imbuhnya.

“Jadi kegiatan mendorong benar-benar menjadi pemilih yang cerdas yang kami harapkan, sehingga kemudian mengadakan lomba atau kontes video pendek terkait dengan pemilu pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah yang temanya salah satu yang mereka pilih dari tema yang kita sampaikan adalah tentang anti tolak politik uang kemudian tolak politisasi sara,” Pungkas Saleh.

Saleh juga menekankan harapan sebenarnya banyak pelajar yang bagian atas sekolah yang ikut andil dalam kegiatan ini tetapi karena masa pandemi, sehingga pihaknya sangat memaklumi.

“Kegiatan ini hanya diikuti oleh 8 kelompok peserta 7 dari SMA sederajat kemudian 1 dari tim komunitas. Jadi apa tujuan melakukan video pendek tidak hanya selesai acara juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat dan ini kami tampilkan di YouTube Bawaslu sekaligus mereka juga tampilkan di media sosial dengan niat yang baik dan kita berharap tidak berhenti sampai di sini,” Harap Muhammad Saleh.

Sementara itu Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Area Bantaeng meliputi 6 Daerah Samsul mengatakan bahwa kegiatan pembuatan video pendek untuk mendorong tingkat kejujuran dalam memberikan dukungannya, walaupun beda generasi muda
pertama.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada badan pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bantaeng yang ada melakukan kegiatan pembuatan video pendek untuk mendorong tingkat kejujuran dalam pelaksanaan pemilu terutama pada pemilih pemula,” Ucap Samsul

Dia juga menyebutkan, pegadaian memberikan dukungan walaupun tidak terlalu banyak, tapi ini adalah bentuk dukungan pegadaian dan ini kami terangkan bahwa dengan video ini bisa membangun mental kejujuran.

“Memang perlu motivasi dorongan kreatif untuk mendukung generasi-generasi penerus tidak banyak terutama didalam bagaimana pemilihan umum itu bisa berlangsung jujur dan cermat,” Tandasnya.

Oleh karena itu tambah Samsul, harapan dari Pegadaian yang kedua kami dalam hal ini memberikan apresiasi dalam bentuk tabungan emas, salah satu yang kami berikan.

Kami juga memberikan apresiasi dalam bentuk salah satunya adalah generasi-generasi yang ikut pada kontes ini adalah generasi generasi pelanjut, Bukan saja kuat dalam mental tapi juga kuat di dalam mempersiapkan ekonomi untuk masa depan mereka.

“Sehingga pada masa depan nanti mereka kontribusi yang ada di Kabupaten Bantaeng yang sudah memberi kesempatan kepada PT Pegadaian area. khususnya pegadaian seluruh Indonesia dalam mendukung kreatifitas anak anak,” Harapnya.

Dengan menerapkan protokol Kesehatan kegiatan ini berlangsung efektif dan lancar yan dihadiri Kepala Dinas Kominfo Bantaeng H.Subhan, Kepala Deputi Marketing PT.Pegadaian (Persero),
Komisioner Bawaslu Bantaeng, Komisioner KPU Bantaeng, Anzar Kuba, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bantaeng Ahmad Yani, Ketua JOIN Bantaeng Alimin DS dan beberapa awak media yang ada di Bantaeng.

Grand Final Lomba Vidio Singkat ini setelah diumumkan dari 8 Sekolah yang mengikuti
SMA Negeri 5 Bantaeng keluar sebagai Juara Pertama dengan perolehan nilai 157. Kemudian disusul SMA Negeri 1 Bantaeng Juara 2 dengan perolehan nilai 112 dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Bantaeng juara 3 dengan perolehan nilai 110.

Sementara itu juara harapan 1 SMK Negeri 3 Bantaeng dengan perolehan nilai 105 disusul juara harapan 2 SMK Negeri 5 Bantaeng dengan perolehan nilai 102 dan kelompok Nada Merah juara harapan 3 dengan perolehan nilai 70.