by

Momen Kemerdekaan RI ke- 76 PPIKHL Sulsel Laksanakan Donor Darah

WartaSulsel. Net Makassar- Nuansa Penuh Semangat dan Solidaritas, Tema Peringatan Kemerdekaan RI ke 76 Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi

Memupuk semangat kebersamaan dalam nuansa kemerdekaan, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sulawesi laksanakan Donor darah, penanaman pohon, hingga kampanye pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan Rabu 18/8/2021.

Momentum 17 Agustus selalu diwarnai dengan semangat kebersamaan. Meskipun peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dua tahun belakangan ini serba terbatas akibat pandemi Covid – 19, hal ini justru menunjukkan sekali lagi semangat persaudaraan masyarakat Indonesia.
Satu yang dapat dijadikan contoh adalah Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76 ala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi.

Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi bersama Daops yang berada di bawahnya melaksanakan serangkaian acara untuk memperingati Kemerdekaan RI ke 76. Tentunya sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19 yang dianjurkan pemerintah.

Rangkaian acara dimulai dari pelaksanaan patroli terpadu bersama para pihak (TNI, Polri, dan masyarakat) dan pembagian masker serempak di sekitar Kantor Daops Manggala Agni. Kegiatan ini merupakan kontribusi langsung Manggala Agni sebagai bagian masyarakat untuk mendorong pencegahan Covid – 19 di daerah.
Selanjutnya dilaksanakan berbagai perlombaan sederhana di tingkat balai dan daops yang terbatas sesuai situasi saat ini.

Peserta perlombaan ini adalah pegawai di balai dan daops dengan tujuan utamanya adalah membangun solidaritas dan rasa cinta tanah air.
Peringatan Kemerdekaan RI ke 76 ditutup dengan serangkaian acara sosial yang dilaksanakan di Kantor Manggala Agni Daops Sulawesi I/Gowa hari ini, Rabu, 18 Agustus 2021.

Acara dimaksud seperti pelaksanaan donor darah dengan tema “Setetes Darah Selamatkan Jiwa Manusia”. Acara donor darah yang menggandeng PMI Sulawesi Selatan ini berhasil mengumpulkan 36 kantong darah.

Selain itu, Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi mengajak para hadirin untuk menanam pohon di halaman sekitar Daops Manggala Agni Sulawesi I/Gowa. Dengan menanam pohon, diharapkan dapat memupuk rasa peduli lingkungan masyarakat.
Di titik yang berbeda pada lokasi yang sama juga dilaksanakan kampanye pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan.

Tidak berhenti dengan kegiatan penanaman pohon, Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi juga menyediakan pojok informasi bagi para hadirin.
Kampanye pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan ini menyediakan berbagai informasi dalam bentuk buku, leaflet, hingga pameran foto.

Kegiatan yang berpusat di Kantor Daops Manggala Agni Sulawesi I / Gowa ini ditutup dengan pemberian hadiah bagi pemenang perlombaan dari anggota Manggala Agni Sulawesi I/Gowa oleh Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi.

Terlihat hadir di lokasi acara Balai PSKL Makassar, Kepala SMK Kehtuanan Makassar, BPHP Wilayah XIII Makassar dan UPT KLHK lain di Makassar, Koramil Parangloe, Kapolsek Parangloe, Kecamatan Parangloe, Lurah Lanna,Ketua IKA Pengda Sulsel, Manggala Agni Daops Sulawesi I dan pegawai Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi

Harapan dari pelaksanaan rangkaian acara peringatan Kemerdekaan RI ke 76 ini adalah agar di momen kemerdekaan ini, kita sebagai satu kesatuan masyarakat Indonesia dapat mengambil peran dalam pengendalian perubahan iklim dan kebakaran hutan dan lahan yang dititipkan untuk generasi selanjutnya.
Tim Publikasi Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi / FHS.

(RUD)