by

Takalar Jadi Percontohan Nasional Dalam Pelayanan Adminduk Via Online

Wartasulsel.Net,_|| Pemerintah Kab. Takalar kembali membuat terobosan baru dengan pelayanan cetak administrasi kependudukan berbasis desa.(16/8/2021)

Pelayanan berbasis desa ini ditandai dengan Launching Pelayanan Adminduk Online di Desa Sampulungang Kec. Galesong Utara oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM, Senin 16 Agustus 2021.

Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan bahwa Lounching Pelayanan ini merupakan lounching pertama di Prov. Sulsel dengan tujuan untuk mempercepat dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi misi Pemerintah Kab. Takalar.

“Jadi Kab. Takalar tepatnya di desa sampulungan yang merupakan desa pertama di Prov. Sulsel yang akan melakukan Pelayanan Adminduk Online di Desa. Dengan pelayanan ini masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke kabupaten untuk mengurus KK, KTP maupun Akta Kelahiran. Selain efisiensi waktu tentu juga dapat menghemat biaya dan inovasi ini juga sangat tepat dengan kondisi kita ditengah pandemi covid-19 dengan menghindari kerumunan.” jelas orang nomor satu di Kab. Takalar.

“Inovasi ini harus dilanjutkan dan dilindungi peraturan yang ada di tingkat kabupaten. Dan untuk mendukung inovasi ini diharapkan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat untuk kelengkapan sarana dan prasarannya” imbuhnya.

Saya berharap lounching ini bukan hanya sekedar peresmian sistem online berbasis desa tetapi kita harus terus berinovasi untuk menciptkan kreatifitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan saya juga menghimbau kepada semua kepala desa di Kab. Takalar untuk secepatnya juga melakukan lounching di desanya.

Sementara itu, Alvian Alwi, S.Ip Kepala Bidang Dukapil Prov. Sulsel mewakili Kepala Dinas Dukcapil Prov. Sulsel memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kab. Takalar atas kegiatan lounching ini. Tahun 2021 pemerintah menetapkan target-target untuk pelayanan adminduk yaitu perekaman KTP El sebanyak 99%, akta kelahiran 95% dan sampai bulan juni Kab. Takalar sudah diatas dari target.

Semoga Pemerintah Kab. Takalar terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat agar semua yang menjadi dasar pelayanan bisa manfaatkan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Takalar H. Abdul Wahab, S. Sos. M. Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kita patut berbangga karena Lounching ini merupakan lounching pertama di Prov. Sulsel. Hal ini tidak lepas dari pemikiran dan inovasi dari Bupati Kab. Takalar.

Ditambahkan juga bahwa semua kecamatan di Kab. Takalar sudah ada pilot projectnya dan desa sampulungan akan menjadi tempat belajar bagi desa-desa yang lain untuk diimplementasikan di desanya masing-masing.

Lounching di tanda dengan penyerahan cetakan KK dan Akta Kelahiran oleh Bupati Takalar kepada masyarakat dianjutkm dengan pengguntingan dan pelepasan balon keudara disaksikan Direktur RS HPDN Kab. Takalar, Camat Galut, Ketua MUI Kab. Takalar serta para Kepala Desa se-Kec. Galesong Utara.(*)