by

FKM UIT Juara Umum Lomba Semarak Milad UIT ke-20.

WartaSulsel. Net Makassar- FKM UIT Juara Umum dalam lomba semarak Milad UIT Ke-20. Dalam rangka memperingati milad 20 tahun Universitas Indonesia Timur yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2021.

Maka Universitas Indonesia Timur mengadakan bebrbagai rangkain acara dengan tema “ 2 Dekade UIT Mengabdi dan Berkarya Untuk Indonesia Jaya”. Salah Satu acara yang dilaksanakan dalam rangkaian milad ini adalah lomba semarak milad UIT Ke-20. Lomba ini diikuti oleh seluruh fakultas lingkup UIT baik dosen, staf maupun mahasiswa yang dimulai tanggal 1 Juli sampai 5 Juli 2021.

Fakultas Kesehatan Masyarakat sebagai bagian dari Universitas Indonesia Timur juga turut berpartisipasi dalam semua jenis lomba. “kami senantiasa mendorong dan memberikan dukungan baik kepada mahasiswa maupun dosen untuk ikut berkompetisi guna mengasah bakat dan kemampuan pribadi mereka sehingga nantinya jika ada lomba serupa di luar lingkup Universitas maka mereka lebih percaya diri lagi” ujar Ketua Prodi S.1 Kesehatan masyarakat FKM UIT ibu Marhtyni S.KM., M.Kes.

Salah satu jenis lomba yang paling menarik adalah lomba pameran kewirausahaan yang dicanangkan oleh Rektor UIT sebagai bagian dari upaya UIT untuk mendukung program Merdeka Belajar, lomba ini mengasah kreatifitas mahasiswa untuk berkarya dan berinovasi dalam dunia usaha. Meskipun berlatar belakang bukan pendidikan ekonomi akan tetapi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang membawahi 2 prodi (Prodi S.1 Kesmas dan Prodi D-III Analis Kesehatan) juga ikut andil dalam lomba tersebut. FKM mengeluarkan bebarapa produk diantaranya produk snack bergizi, masker, minuman, accessories, handsanitizer dan juga melayani pemeriksaan gula darah dan golongan darah.

“kami mengapresiasi gagasan lomba yang dicanangkan oleh Rektor UIT ini karena mengajarkan seluruh mahasiswa untuk bisa mandiri, tetap berkarya, menggunakan ilmunya dalam dunia wirausaha, contohnya mahasiswa Kesmas bisa membuat makanan-makanan ringan dengan mempertimbangkan nilai gizinya dan mahasiswa Analis kesehatan bisa memnghasilkan produk seperti handsanitizer yang telah diujikan di lab terlebih dahulu. Mereka mempraktekkan ilmunya yang juga bisa dijadikan sebagai sumber wirausaha nantinya”.

Tentunya kami berharap program seperti ini dapat meningkatkan jiwa interpreunership mahasiswa sehingga mereka tidak hanya berpikir kedepan jadi pegawai saja tetapi juga bisa berpikir untuk membuka lapangan kerja baru.” ujar Dekan FKM UIT ibu Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes.

Dalam keseluruhan rangkaian lomba, FKM memperoleh 6 piala yakni, juara 2 lomba tennis meja putri, juara 2 lomba tennis meja putra, juara 2 lomba masak, juara 2 lomba karoke, Juara 2 debat bahasa inggris, dan juara 2 lomba pameran Kewirausahaan. Berdasarkan jumlah perolehan piala terbanyak se Fakultas Universitas Indonesia Timur maka FKM UIT dinobatkan sebagai Juara Umum dalam lomba semarak Milad UIT Ke-20.

“kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan mahasiswa FKM UIT yang senantiasa bahu membahu berusaha menampilkan yang terbaik untuk FKM UIT, baik yang ikut lomba, Supported yang selalu heboh dan juga jiwa kebersamaan dan kekeluargaan yang selalu ditampakkan selama 5 hari kegiatan ini. Sebagai bentuk apresiasi kinerja dan kebersamaan ini maka kita akan kembali merayakan kemenangan ini di Malino sekaligus sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap usia 2 dekade UIT yang juga sama dengan umur FKM sendiri” ujar Ketua Prodi D-III Analis Kesehatan FKM UIT bapak Jurnal Syarif, S.KM., M.Kes yang juga sebagai kordinator tim FKM UIT dalam semarak milad UIT ke -20 tahun ini. (Humas UIT/ Beddu Lahi)

(DM)