by

Cerita Lansia Pasca Vaksinasi Kepada Tim Pemantau Dinkes Bantaeng

BANTAENG – Tim Pemantau Vaksinasi COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng yang dipimpin langsung oleh Kadis Kesehatan, Andi Ihsan memantau beberapa lansia usai mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Dalam pantauannya ke beberapa rumah di wilayah kerja Puskesmas Kota dan Lasepang, dr.Andi Ihsan M.Kes mendengarkan komentar dan pengalaman para lansia yang telah menjalani vaksinasi COVID-19.

Bapak Abdillah Kiramang saat diminta pengalamannya saat vaksinasi menuturkan bahwa setelah vaksinasi badan terasa lebih segar dan selalu ingin makan dan tidak mendapatkan keluhan efek samping sebagaimana marak di jejaring sosial media.

“Alhamdulillah, setelah divaksin, badan terasa sehat dan selalu mau makan. Saya juga bersyukur tidak mengalami efek samping sebagaimana yang biasa muncul di WA dan FB,” tuturnya.

Lain lagi yang diutarakan oleh ibu Nurhayati, saat usai divaksin beliau merasa mengantuk dan selalu ingin makan, namun setelah itu badan terasa segar dan tidak khawatir lagi terhadap COVID-19

“Setelahku sudah divaksin, mengantukka dan selalu mau makan, tapi besoknya segarma lagi,” ungkap Nurhayati yang saat di vaksin berusia 60 tahun.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng gencar-gencarnya mengedukasi para lansia untuk mendapatkan Vaksinasi COVID-19, sebagaimana diutarakan langsung oleh Kadis Kesehatan.

“Kegiatan pemantauan ini bertujuan dalam rangka akselerasi peningkatan cakupan vaksin lansia,edukasi personal dalam memberikan pemahaman akan pentingnya vaksin sekaligus memantau efek samping pasca vaksinasi”, jelas Ihsan.

Ihsan juga mengajak dan mengedukasi lansia yang belum di vaksin, agar segera mendatangi pos-pos vaksinasi ataupun puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Ajak semuaki keluarga ta yang belum divaksin, terutama lansia dan sudah berusia diatas 18 tahun ke puskesmas untuk kami vaksin,” ajak Ihsan.

Turut mendampingi selama pemantauan, Sekretaris Dinkes, dr. Bambang Eko Wardoyo, Kabid P2, dr. Armansyah, beserta Kapus Puskesmas Kota dan Lasepang di masing-masing lokus pantauan.

(EML/redws)