Beri Arahan Pengembangan Bumdes, Bupati Takalar : Gunakan Yang Murah dan Mudah

Wartasulsel.net,_|| Bupati Takalar H. Syamsari memberi materi lokakarya pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Takalar, yang di gelar di Almadera Hotel, Makassar, Senin (21/6/2021) siang.

Dihadapan kepala desa dan perangkat desa pengelola Bumdes, Bupati H. Syamsari menyampaikan bahwa pengembangan Bumdes di Takalar dapat dimulai dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam yang ada.

Daeng Manye

Sumberdaya yang berbeda pada setiap kecamatan di Takalar akan menjadikan produk yang dihasilkan Bumdes semakin bervariasi dan menarik minat konsumen lokal maupun dari luar.

Misalnya, kata H. Syamsari pada proses pembuatan garam yang hanya membutuhkan bahan baku air laut, ini bisa menjadi modal awal untuk berinovasi menciptakan garam bukan hanya garam dapur tetapi juga garam untuk digunakan pada produk kecantikan, ataupun produk kesehatan.

“Jadi, dalam mengelola bumdes itu kita utamakan mengambil sumberdaya yang murah, dan mudah didapat, sehingga biaya produksi rendah dan bisa continiu,” tandas H. Syamsari.

Hal serupa juga dapat dilakukan pengelolaan sampah dan pemanfaatan tanaman dipekarangan untuk pembuatan pakan.