Siasati Pandemi Tiga DPD JOIN Gelar Pertemuan

Peristiwa6 views

Gowa,- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN), Kabupaten Gowa, Takalar dan Bantaeng, Sabtu 19 Juni 2021, bertemu di Wisata Kampar, Poros Barambong Panciro Gowa, dihadiri masing-masing Ketua DPD JOIN, Hendra Susanto (JOIN Gowa), Aimal Situru (JOIN Takalar), dan Alimin DS (JOIN Bantaeng).

Pertemuan dihadiri Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) JOIN Nasional, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. “Pertemuan ini sebagai kelanjutan pertemuan sebelumnya yang membahas tentang program kerja JOIN di tiga kabupaten, yang selama ini terhambat akibat pandemi Covid-19,” ujar Hendra, tuan rumah pertemuan.

Daeng Manye

“Insya Allah, gagasan untuk menyelenggarakan kegiatan bersama di Gowa. Rencananya usai lebaran Idul Adha, dengan estimasi 30 peserta dari kalangan jurnalis,” ungkap Hendra.

Ketua JOIN Takalar, Aimal mengungkapkan pertemuan membahas tentang rencana kegiatan kemitraan dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sekaitan dengan pembekalan nilai nasionalisme di internal jurnalis. “Gagasan kita malam ini adalah membangun sinergitas dengan jnstitusi TNI yang saya ingin laksanakan di Takalar,” papar Aimal.

“Namun dalam waktu dekat ini, saya akan gelar pelatihan internal untuk teman-teman media di Takalar. Tujuannya agar keanggotaan JOIN bertumbuh,” ujar Aimal. Kegiatan pelatihan akan diselenggarakan secara internal namun membuka ruang bagi masuknya peserta eksternal dari jajaran pemerintahan.

Ketua JOIN Bantaeng, Alimin DS, mengatakan “Sejak pandemi Covid-19 2020, kegiatan JOIN mengalami hambatan, karena protokol Covid-19 melarang pertemuan fisik dalam jumlah banyak orang,” paparnya. Di Bantaeng rencananya JOIN akan mempertahankan kemitraan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), karena bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sudah berjalan, ungkap Alimin.

Direktur Pusdiklat JOIN Nasional, mengungkapkan tugas membangun kualitas wartawan di internal JOIN Sulawesi Selatan, sudah berjalan dan akan terus berjalan sekalipun masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. “Gagasan teman-teman DPD JOIN di wilayah Selatan, untuk berkegiatan selama masa pandemi ini patut kita apresiasi,” ujarnya.

JOIN Sulsel dalam waktu dekat ini akan melantik DPD Soppeng dan Selayar. Direncanakan pelantikan akan dirangkaikan dengan pelatihan Jurnalistik. “Tradisi pelantikan JOIN, selama ini dikaitkan dengan pelatihan karena berdampak pada naiknya kualitas berita,” ujarnya.

(EML/redws)