by

PKMK FK-KMK UGM Gelar Pertemuan Validasi Midline Survey

Makassar,- Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKMK FK–KMK UGM) gelarp pertemuan validasi midline survey yang berlangsung di Hotel Ibis Makassar dengan peserta terdiri dari kader Posyandu di Kecamatan Mariso, Rabu (24/3/2021).

kader posyandu adalah anggota masyarakat yang bersedia, mampu, dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela. Mereka adalah penggerak pembangunan khususnya bidang kesehatan di wilayah keberadaan.

Adanya Kader Posyandu sangat membantu pemerintah dalam menyehatkan anak bangsa. Dengan suksesnya kegiatan posyandu , tumbuh kembang anak akan lebih baik.

Faisal Mansur selaku Peneliti PKMK FK–KMK UGM menjelaskan bahwa
kegiatan validasi meeting untuk mengkonfirmasi hasil penemuan-penemuan dari penelitian kita yang dilakukan untuk mengetahui apakah intervensi yang dilakukan untuk mendukung posyandu di Mariso itu berhasil atau tidak.

Jelas kita akan menguatkan intervensi yang telah kita lakukan paling tidak ada rekomendasi ke multi sektoral karena masalah ini bukan hanya di Dinas Kesehatan atau puskesmas tetapi bisa di Bappeda, Dinas Sosial itu bisa saling terkait.

Lebih jauh lagi, Faisal Mansur menuturkan, jadi kita akan mencari dukungan-dukungan itu sehingga program-program dari posyandu ini bisa jalan karena selama ini kita lihat posyandu itu berdiri sendiri. Karena mereka punya prinsip bahwa posyandu itu adalah dari, oleh dan untuk masyarakat jadi kelihatannya tidak ada perhatian pemerintah disitu makanya itu yang akan kami kuatkan.

Harusnya posyandu itu mendapat dukungan karena masalah-masalah program dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial itu semuanya dari orang-orang kader yang lakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Kunjung Mae, Muh. Ikbal mengatakan bahwa sebagai salah satu lurah yang termasuk dalam wilayah binaan PKMK FK–KMK UGM kami sangat berterima kasih dengan adanya dukungan dari mereka bisa membantu posyandu kita khusunya yang ada di dua kelurahan.

Bukan hanya itu keberadaan mereka bisa memberikan angin segar dan wawasan yang luas kepada kader-kader kami untuk tetap fight dan tetap melayani masyarakat dengan ikhlas. Dan kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus berjalan dan berlangsung dengan baik,” pungkasnya.

(RAF/redws)

News Feed