by

Tebar Bibit Kebaikan, “Keramba Ikan” Ala Rumah Berkah Galesong

Wartasulsel.net || Keramba adalah wadah budi daya ikan berupa kandang yang terbuat dari bambu atau papan kayu yang ditempatkan dibadan sungai. Keramba umumnya ditempatkan di sungai sehingga air sungai dapat mengalir melewati keramba dan air di dalam keramba senantiasa bersirkulasi mengikuti arus air.

Keramba ala Balla’ Barakkaka (Rumah Berkah Galesong) yang terletak di Desa Galesong Kota Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, menjadi berbeda karena pada keramba tersebut dimanfaatkan diatasnya dengan tanaman cara hidroponik (budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless).

Pada kesempatan kemarin, rabu (14/10/2020) pihak Balla’ Barakkaka melaksanakan penebaran bibit ikan lele yang berasal dari sumbangan Dinas Perikanan Takalar yang dihadiri oleh Founder Manajemen Balla’ Barakkaka, Prof. Dr. Aminuddin Salle,SH.,MH Karaeng Patoto, Kepala Dusun Tabbuncini (Kamaruddin Azis), Sekdes Galesong Kota (M. Amin Denny), Nurlinda Taco pemerhati lingkungan, dan Ketua JOIN Takalar, Aimal Situru.

Foto : Kamaruddin Azis Daeng Nuntung (Kadus Tabbuncini) saat menebarkan bibit ikan lele di keramba ikan secara simbolis di sungai terletak di Desa Galesong Kota, Takalar(14/10/2020)

“Alhamdulillah, hari ini ada 3 keramba yang kami buat dan menempatkannya didepan Balla’ Barakkaka, dan ucapan terimah kasih kepada tokoh – tokoh yang hadir membersamai kegiatan kami. Keramba tak hanya kita fungsikan sebagai wadah ikan, tetapi juga sebagai wadah tanaman hidproponik,” ungkap Founder Manajemen Balla’ Barakkaka, Prof. Dr. Aminuddin Salle,SH.,MH Karaeng Patoto.

Foto : Suasana foto bareng usai kegiatan.

Kegiatan penebaran bibit ikan lele juga dilakukan oleh kepala dusun Tabbuncini, Kamaruddin Azis secara simbolis berada diatas keramba yang didampingi oleh tokoh-tokoh lainnya.

Setelah kegiatan penebaran bibit ikan lele ini di keramba, manajemen Balla Barakkaka juga rencananya akan mengadakan kegiatan kerja bakti jum’at bersih sungai yang kemudian dilanjutkan dengan pertemuan dengan warga sekitar, dengan menghadirkan motivator handal Nurlinda Taco dalam hal bagaimana memberdayakan pengelolaan sampah dan lainnya.(KML)

News Feed