by

Harapan Baru Dorong UMKM Bulukumba Jadi Startup

Wartasulsel.net || Bulukumba, _ Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Nomor 4 Muchtar Ali Yusuf dan A.Edy Manaf ingin mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi startup yang bisa mengusai pasar Regional dan Pasar Nasional, bahkan jika memungkinkan, para pelaku UMKM akan dijadikan startup yang bisa menguasai pasar internasional.

Muchtar Ali Yusuf sebagai calon Bupati yang berlatar belakang pengusaha sangat paham cara untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif dan pelaku UMKM menjadi startup yang sukses menguasai pasar.

“Dengan Kemajuan teknologi Informasi saat ini, arah pengembangan bisnis bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM meski mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut sebagai kekuatan bisnis untuk kuasai pasar”, Ungkap Muchtar Ali Yusuf disela-sela kesibukannya menyapa warga, Rabu (30/09/2020).

Mengusung tagline “Harapan Baru, Dikerja Bukan Dicerita”, pasangan Nomor 4 ini ingin menjadikan pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Bulukumba sebagai inkubator.

Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa A.Utta menjelaskan, bahwa inkubator adalah sebuah program yang dirancang guna menfasilitasi startup binaan pemerintah daerah untuk terus berkembang melalui intervensi berupa penataan ruang kerja, kemudahan akses permodalan usaha, dan pemberian pelatihan penggunaan aplikasi online berbasis teknologi informasi dari mentor-mentor yang profesional.

“Demikian halnya, melihat banyaknya potensi hasil laut dan pertanian yang dikelolah oleh masyarakat, seperti hasil laut yang dikemas menjadi ikan asap (Bale Tafa), dan ikan masak (Bale Nasu) yang menjadi ciri khas karya warga Herlang dan Kajang, kesemua ini mesti dibina untuk kuasai pasar. Sama halnya dengan hasil Kopi warga Kindang kesemuanya mesti didorong untuk kuasai pasar”, Tegas A.Utta

Bahkan A.Utta juga akan melakukan kerja sama kepada pelaku usaha ritel untuk memberikan ruang/space bagi produk lokal disemua usaha ritel yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Lebih jauh A.Utta menegaskan, jika warga Bulukumba memberinya amanah untuk memimpin di Bumi Panrita Lopi, selain mempersiapkan program pemberian bantuan modal usaha bagi UMKM, dan kemudahan akses permodalan, serta pelatihan menajemen pengelolaan usaha, dirinya juga akan membuka akses pasar bagi produk-produk ekonomi kreatif warga Bulukumba.

Sehingga Bulukumba akan lebih dikenal oleh warga Dunia karena keberadaan produk-produk kreatifitas hasil karya warga Bumi Panrita Lopi.

News Feed