by

Mengenal Sosok Ketua Umum Seniman Celebes Nusantara (SCN), Salah Satu Musisi Muda Indonesia

Wartasulsel.net, || Biografi Yudianto Gallatoa. Ia lahir di Gowa Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 5 Juli 1984, Merupakan musisi muda indonesia yang tidak mudah menyerah untuk meraih cita-cita.

Sejak kecil, Yudianto Gallatoa menyukai musik, Ia pun senang mendengarkan musik dan mengoleksi banyak lagu lagu yang dipopulerkan artis papan atas waktu itu.

Pada tahun 2014, Ia mulai menggeluti dunia seni hingga masuk tahun 2016 Yudianto mulai merilis lagu sederhana dengan judul lagu “Penduduk Indonesia”.

Lagu dengan Judul “Penduduk Indonesia” yang diciptakan pertama kalinya ini cukup digemari masyarakat, hal ini membuat nama Yudianto mulai dikenal oleh kalangan umum.

Ia pun terus berkarya dibidang musik, hingga Kemudian masuk Tahun 2017, dirinya pun kembali merilis beberapa lagu yang diciptakan dan dibawakan sendiri. Beberapa lagu ciptaannya pada waktu itu diantaranya:
-Wanita
-Tama’jalling tamassaile
-Mangkasara’
-Ayo kerja

Ditahun yang sama, dirinya pun mengikuti lomba cipta lagu suara anti korupsi di jakarta yang diadakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ). Dan berhasil meloloskan 2 lagu bersamaan masuk Finalis 10 besar.

Yudianto Gallatoa pun berhasil mendapatkan piagam serta uang pembinaan diwilayah Indonesia Timur Regional Makassar.

Tahun 2018 Nama Gallatoa sebutan Yudianto dalam dunia intertainment mulai melekat, dirinya pun semakin muncul dipermukaan khususnya di Makassar provinsi Sulawesi- Selatan setelah karyanya yang berjudul SE’RE TAPPERE’ dipopulerkan oleh salah satu artis papan atas makassar Udhin Leaders Dg.Rewa’.

Selain itu, beberapa karya lagunya terpopuler dan diminati masyarakat pada tahun itu diantaranya OTONA I PALLE’ kemudian HARAPAN PALSU, Kedua karyanya ini dipopulerkan oleh Grup Trio Man Makassar.

Memasuki Tahun 2019 karyanya semakin cemerlang karena tak pernah berhenti berkarya, Hampir semua karya Yudianto Gallatoa penuh dengan syarat dan makna, sehingga karya-karyanya patut dipertimbangkan.

Beberapa Karya Yudianto Gallatoa dipopulerkan oleh salah satu artis papan atas multi talenta anging mammiri’ Lukman Daeng Rola dkk, yang tidak lain merupakan salah satu guru seni Gallatoa, Diantaranya:

  1. PACCOBANA BATARAYA dipopulerkan oleh Lukman Daeng Rola.
  2. DENGAN PERSATUAN ( Trio Man Makassar)
  3. GARRING PITI (Bhurgam feat Gallatoa)
  4. TULOLONNA SULAWESI (Gallatoa)
  5. Jalani saja dulu dipopulerkan oleh salah satu artis wanita papan atas makassar yaitu VIRA KDI

Ditahun 2020 karyanya semakin banyak beredar dikalangan Masyarakat pencinta seni diantaranya:

  1. APAPI POENG Dipopulerkan oleh Pak H.Saifuddin Ipho’ (IPHO’) ketua ALFI Sulselbar
  2. LAMMOTERE’JA (Udhin leaders dg Rewa’ feat Bhurgam)
  3. SIRI’
  4. RIGINTINGANG TALLASATTA
  5. MANGKU NIKIO’

Dan masih banyak lagi karya karya beliau yang begitu diminati para pecinta musik di tanah air. Selain itu, Yudianto Gallatoa juga membangun Studio Rekaman yang diberi nama GS Production.

Yudianto Gallatoa terus berkarya, dan kemudian ditahun 2020 ini, Ia pun terkenal sebagai salah satu Youtuber yang berhasil menjadi partner Youtube, selain dari itu dirinya pun diamanahkan untuk menjadi Ketua Umum Perkumpulan Seniman Celebes Nusantara ( SCN ).

Dalam kepemimpinannya di Perkumpulan Seniman Celebes Nusantara ( SCN ) Yudianto berupaya untuk mempersatukan para seniman khususnya para musisi yang ada didaerah untuk ikut bersama sama berkreasi dan membina bakat pemuda pemudi yang bertalenta.

Ia pun berusaha, untuk memunculkan para seniman di seluruh Indonesia dengan ragam budaya.

Sampai saat ini organisasi seniman yang berkemenkumham biasanya dari Ibukota (Jakarta) ke Daerah, dan baru sekarang ini ada organisasi berkemenkumham dari Daerah ke Ibukota sehingga ini merupakan sejarah bagi Para Seniman di Daerah.

Yudianto Gallatoa juga berharap kepada seluruh seniman yang ada didaerah untuk ikut bergabung di Seniman Celebes Nusantara ( SCN ) sekaligus bersama sama menyalurkan bakat serta menjadikan rumah para seniman ini sebagai wadah pengembangan bakat dan minat kreatifitas dibidang seni musik, seni, budaya dan sastra

Beberapa perencanaa yang akan dilaksanakan Perkumpulan Seniman Celebes Nusantara ( SCN ) ini adalah dengan melakukan kegiatan riset, pengkajian, penelitian dan pengembangan bidang musik, seni, budaya, sastra dan bahasa.

Mengadakan kegiatan atau acara-acara yang bertujuan untuk melestarikan kemurnian nilai-nilai seni, budaya/ kebudayaan nasional.

News Feed