by

Merawat Tradisi Ela-Ela, Komunitas Algensa Babang Pasang Obor di Jalanan Desa Babang

WARTASULSEL.NET, Malut – Menjelang berakhirnya bulan suci ramadhan, tradisi memasang ela-ela atau obor rutin dilaksankan oleh masyarakat Maluku Utara, salah satunya masyarakat Desa Babang. Kelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas Algensa Babang melakukan pemasangan ela-ela di sepanjang jalanan lapangan Desa Babang. (19/5)

Menurut Ketua Umum Algensa, Rusdiyanto, pemasangan ela-ela tersebut dalam rangka menjaga tradisi yang selama ini berjalan yang selalu dilakukan saat ramadhan akan segera berakhir.

“Sebagai kelompok anak muda Babang, kami terus berupaya merawat kelangsungan tradisi. Selain itu, pemasangan ela-ela juga bertujuan mengajak masyarakat Desa Babang pada umumnya agar di tengah arus globalisasi yang semakim berkembang, tradisi kedaerahan yang baik harus tetap dipegang erat”, ujar Rusdiyanto.

Terakhir, Rusdiyanto yang biasa disapa “Rangge” ini mengatakan bahwa sebenarnya selain pemasangan ela-ela di jalanan, kami juga mau melaksanakan pawai obor dengan mengajak seluruh anak muda Babang, tapi karena ada himbauan dari pemerintah tidak boleh berkerumun, akhirnya kegiatan tersebut untuk sementara ditiadakan.

(*)

News Feed