by

Beda Bakteri Dengan Virus

-Opini-23 views

Wartasulsel.net,- Jakarta- Virus itu beda dengan bakteri. Ada beberapa bakteri yang dilengkapi dengan “alat gerak” yang sangat sederhana. Jadi dia bisa berpindah tempat dengan sendirinya. Bakteri adalah, dari kacamata science, makhluk hidup terkecil.
Sedangkan virus hanyalah, sekali lagi dari kacamata science”, sebuah materi protein (RNA) yang dibungkus selaput tipis protein dan dilindungi oleh lapisan lemak. Jadi banyak ilmuwan yang menggolongkan virus bukan sebagai makhluk hidup.
Virus ini harus menempel di sel inang supaya dia bisa menginjeksikan RNA nya kedalam sel inang, dan membuat sel inangnya rusak kemudian membuat virus2 baru, kemudian menyebar di tubuh inangnya..

Virus bisa keluar dari tubuh inangnya dengan cara menempel di sel inangnya, entah di droplet, darah, keringat, (maaf) feces, atau apapun. Dan virus bisa berpindah ke tubuh inang yang baru, kalau ada orang sehat yang secara tidak sengaja menyentuh materi-materi biologis tersebut, dan secara tidak sengaja pula membawa masuk kedalam tubuhnya..
(Bisa lewat luka dikulit, tangan menyentuh hidung, tangan menyentuh mata, memakan makanan yang terkontaminasi, dsb)

Selama diluar sel inang atau tubuh inang, virus itu dapat hidup dalam waktu tertentu karena dilindungi oleh selubung lemak di “kulit” nya. Oleh karena itu segala tindakan yang bisa mengganggu keutuhan lemak itu, secara tidak langsung akan membunuh virusnya.

Sabun bisa melarutkan lemak. Sering2 cuci tangan dengan sabun (minimal selama 20 detik), akan sangat membantu.
Cairan handsrub, bisa membantu kalau tidak ada sabun. Tapi secara teori, setelah 5 kali memakai handsrub harus cuci tangan dengan sabun. Karena virus ternyata bisa mengembangkan sistem kekebalan terhadap handsrub itu kalau kita gunakan terus-menerus…

(IKF/redws)

News Feed