by

Kebakaran Kapal di Perairan Tanjungwangi Selat Bali

Wartasulsel.net,- Banyuwangi- Kebakaran kapal telah terjadi di perairan Tanjungwangi selat Bali kec. Kalipuro Banyuwangi dengan koordinat 8ᵒ7’21” LS 114ᵒ23’ 58” BT pada hari Rabu 26 Februari 2020 sekitar jam 07.30 Wib dengan nama kapal KM VICTORI UTAMA.

Tidak ada korban dalam kejadian itu karena dua orang ABK kapal yang berjaga berhasil menyelamatkan diri.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik dan kabel setelah KKM kapal EKI ARDIANSYAH menghidupkan mesin genset rutin untuk mengecharge aki mesin tapi tiba-tiba terlihat percikan api dari kabel yang berada di sebelah kanan kamar mesin yang mengarah ke pusat panel kelistrikan dan langsung coba dipadamkan oleh sdr EKI dengan APAR dibantu oleh sdr FIRMAN BUDI PRAWIRA selaku ABK tetapi api tidak kunjung padam dan malah semakin besar sehingga mereka meninggalkan kapal untuk menyelamatkan diri.

Satpolair Polresta Banyuwangi dengan cepat melakukan koordinasi dengan KSOP Kelas III Tanjungwangi dan PT. Pelindo III Tanjungwangi  untuk menggerakkan kapal TB.   TRANSKO JALAK dan TB. AURORA HARBOUR sebagai kapal pemadam kebakaran dan langsung melakukan giat SAR dan evakuasi korban dan kapal terbakar dengan kapal Polisi X- 1033, Kapal Polisi X-1006, dan perahu karet Polair, bergabung dengan Basarnas Banyuwangi, perahu karet TNI AL, dan Kapal patrol KPLP. Api berhasil di padamkan seluruhnya sekitar jam 10.30 Wib dengan korban jiwa nihil. Kerugian materiil sekitar 2 (dua) milyar rupiah.

Kebakaran kapal tersebut tidak mengganggu aktivitas rutin didermaga serta selat bali, dan Satpolair Polresta Banyuwangi telah melakukan pemeriksaan terhadap ABK dan saksi-saksi.

https://youtu.be/pGBZvZJ8RIM
https://youtu.be/tL6_33m7B2I
https://youtu.be/vbrXx70sjck
http://bit.ly/satpolair-evakuasi-KmVictoriUtama-terbakar
https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-4915011/kapal-muat-ikan-terbakar-di-selat-bali-saat-docking
https://www.google.com/amp/s/amp.timesindonesia.co.id/read/news/253159/kapal-ikan-terbakar-di-selat-bali-kerugian-capai-2-miliar
https://www.google.com/amp/s/jatim.suara.com/amp/read/2020/02/26/121914/kapal-motor-milik-nelayan-pekalongan-terbakar-di-perairan-banyuwangi.

(SYM/redws)

News Feed