by

Unismuh  Dampingi Warga Sidenreng Rappang Dalam Memproduksi Pacar Cina 

Wartasulsel.net,- Sidenreng Rappang- Kegiatan pendampingan warga dalam proses produksi Pacar Cina (Sagu Mutiara) di Kelurahan Maccorawalie Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang yang dilaksanakan selama 2 hari (Kamis/Jumat 12/13 September 2019) dengan melibatkan kelompok usaha skala rumah tangga. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh dosen-dosen dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan pelatihan ini dibimbing langsung oleh Dr. Buyung Romadhoni, S.E.,M.Si dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai Ketua Tim dan dibantu oleh rekan-rekan anggota kelompok serta pelibatan mahasiswa dalam hal dokumentasi. Tahapan demi tahapan dilakukan yang dimulai dari penyediaan peralatan yang akan digunakan juga penyiapan bahan baku berupa ubi kayu, air bersih dan pewarna makanan.

Prosesing penyiapan bahan baku untuk menjadi bahan siap olah ini menjadi perhatian utama karena melalui proses sortir yang ketat agar nantinya produk yang dihasilkan mempunyai nilai yang tinggi.
Pacar Cina atau lebih familiar disebut dengan sagu mutiara cukup banyak peminatnya dimulai dari usia anak-anak hingga orang tua sehingga dibutuhkan produksi yang besar dan juga tentunya berkualitas.

Besarnya permintaan sagu mutiara ini mendapat perhatian khusus bagi dosen-dosen dari Universitas Muhammadiyah Makassar khususnya dari sisi prosesing hingga ke strategi penjualannya yang menggunakan cara online marketing. “Motivasi secara terus menerus untuk mengarahkan para anggota rumahtangga dalam berentrepreneurship juga sangat menjadi perhatian agar nantinya aktifitas bisnis ini bisa berkelanjutan dan lebih dikembangan karena perluasan pasar untuk produk-produk rumah tangga ini, untuk menunjang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar M. Hidayat, S.E., M.M. Salah seorang Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang juga anggota tim pengabdian pada masyarakat dari Unismuh Makassar.

Kontributor : BR

News Feed