LSM APAK Siap Lapor Resmi Dugaan Pencaplokan Fasum di Kawasan Pasar Sentral Ke Kejati

Sorot119 views

Wartasulsel.net, – Lembaga pegiat anti korupsi, LSM APAK (Aliansi Peduli Anti Korupsi) Sulsel berencana mendekat ini akan melaporkan resmi dugaan pencaplokan fasum berupa ruas jalan di kawasan Pasar Sentral tepatnya ujung Jalan Laiya Makassar.

“Tim sementara puldata dan pulbaket di lapangan. Hasilnya nanti kami bahas bersama dan segera mungkin akan adukan resmi ke Kejati Sulsel,” kata Ketua LSM APAK, Mastan via telepon, Jumat (3/1/2020).

Daeng Manye

Ia meyakini peralihan fasum berupa sebagian ruas jalan di ujung Jalan Laiya Makassar tersebut tak sesuai prosedur yang benar atau dilakukan secara diam-diam.

“Kita ingin tahu apa dasar bangunan berdiri dan mengambil sebagian ruas jalan tersebut. Itu kan jelas fasum dan merupakan akses jalan masyarakat. Dari letaknya saja sangat nampak bahwa ruas jalan tersebut dulunya lebar. Tapi mengecil setelah ada bangunan toko,” jelas Mastan.

Ia menduga kuat ada keterlibatan oknum yang memiliki kewenangan sehingga sebagian ruas jalan yang dimaksud bisa seenaknya didirikan bangunan permanen berupa toko.

“Sangat muda diteliti. Kalau pun ada sertifikatnya perlu dipertanyakan apa dasar penerbitan sertifikatnya itu. Saya kira Lurah dan Camat setempat juga mengetahui bahwa lokasi yang dimaksud merupakan fasum jalan umum,” terang Mastan.(RUD)