Tingkatkan Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan, Dinas Perkebunan Sulsel Gelar Sosialisasi

Sosbud105 views

Wartasulsel.net,- Makassar- Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan gelar sosialisasi penerapan jaminan mutu dan keamanan pangan pada komoditi perkebunan yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar, Selasa (11/11/2019).

Jumlah peserta sebanyak 120 orang dari 11 Kabupaten/Kota yang terdiri dari para petani dan pembina kabupaten.

Daeng Manye

Penerapan jaminan mutu merupakan langkah penting bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pengakuan formal terkait dengan jaminan mutu yang diwujudkan dalam bentuk sertifikat. Sertifikat tersebut merupakan alat bukti penerapan sistem manajemen mutu dan menjadi jaminan terhadap dapat diterimanya suatu produk pertanian baik dipasar domestik, regional maupun internasional.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Parenrengi menjelaskan bahwa sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia pertanian khususnya dibidang penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan dipandang perlu diselenggarakan kegiatan sosialisasi ini

Mengingat sertifikasi/registrasi produk hasil pertanian tidak hanya didasarkan pada penilaian produk akhir saja melainkan dimulai dari proses produksi sampai distribusi yang terdokumentasi, diperlukan pendampingan oleh pihak terkait baik pusat, daerah maupun instansi lainnya, ujarnya.

Lebih jauh lagi, ia menambahkan bahwa penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian melalui mekanisme penjaminan (sertifikasi/registrasi) yang dilakukan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan/ Lembaga Penilai Kesesuaian.

Penerapan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan merupakan langkah penting bagi pelaku usaha pertanian sehingga mampu menghasilkan produk pangan yang bermutu dan aman dikomsumsi.

(RAF/redws)