by

DPPKB Kota Makassar Gelar Orientasi Sekolah Siaga Kependudukan Bagi Pendidik Sekolah

-Peristiwa-36 views

Wartasulsel.net,- Makassar- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Makassar menggelar orientasi sekolah siaga kependudukan bagi pendidik sekolah yang berlangsung di Hotel Ramedo Makassar, Selasa (8/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri 150 peserta dari 30 sekolah yang ada di Kota Makassar untuk gelombang pertama dan nanti akan dilanjutkan untuk gelombang kedua.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

Ahmad Hidayat, S.Pd, M.Pd, selaku Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Makassar dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa dalam upaya menghadapi datangnya era bonus demografi secara bijak dengan pendidikan kependudukan pada generasi mudanya, utamanya siswa di sekolah, agar mereka menyadari persoalan yang akan dihadapi di era mendatang terkait melimpahnya tenaga kerja. Juga mendorong mereka untuk tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap dan perilaku berwawasan kependudukan.

Dengan demikian, tujuan yang diharapkan dengan adanya program SSK ini tentu saja selain memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing siswa, juga menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Lebih dari itu mengembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan kelak ketika mereka menjadi dewasa, ujarnya.

Senada dengan itu, Drs. Muhammad Ramli, MM, selaku Kabid Pengendalian Penduduk DPPKB Kota Makassar mengatakan bahwa
salah tujuan dari kegiatan ini agar kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah baik dalam proses belajar mengajar itu diintegrasikan tentang materi kependudukan dan keluarga berencana dan itu tidak menggangu dan merubah kurikulum yang sudah ada.

Lebih jauh lagi, Ia berharap dengan adanya program ini mampu memberikan pemahaman terhadap anak-anak dalam pembentukan karakter untuk dapat senantiasa merencanakan dan mempunyai suatu cita-cita yang kuat untuk masa depannya,” pungkasnya.

(RAF/redws)

Comment

Leave a Reply

News Feed