by

Festival Aster Kebangsaan, Merajut Kebersamaan Masyarakat Menjaga Keutuhan NKRI

WARTASULSEL. NET,  – Kebersamaan TNI, Polri, Pemda dan Masyarakat di Papaa Barat dalam menjaga NKRI semakin menguat. Hal ini antara lain diwujudkam dalam Festival Aster Kebangsaan, di Sorong Papua Barat. Festival yang mengambil tema “Merajut Kebersamaan Masyarakat Menjaga Keutuhan NKRI” diselenggarakan Sabtu 21 September 2019.

Dalam acara tersebut seluruh peserta dengan kompak mengucapkan ikrar kebangsaan. Ikrar tersebut berisi: (1) mengakui bahwa Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai Dasar Negara; (2) menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa; (3) saling menerima keanekaragaman dan perbedaan sebagai anugerah yang Maha Kuasa; (4) menjunjung tinggi persamaan martabat diantara sesama; (5) siap merajut kasih” dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam acara tersebyt menyebutkan bahwa menyampaikan Indoneisa adalah bangsa yang hebat, karena memiliki suku bangsa yang beragam dan juga karena memiliki kekayaan budaya yang bernilai tinggi sehingga budaya tersebut harus selalu kita lestarikan.

“Saya sangat mengapresiasi melihat masyarakat khususnya anak-anak muda di Kota Sorong bersemangat dengan penuh warna-warni hadir mengikuti Festival Aster Kebangsaan yang menandakan bahwa kebhinekaan adalah pemersatu” ujar Dominggus Mandacan.

Selain itu Gubernur Dominggus juga berharap masyarakat memiliki kesadaran berbangsa dan bertanah air untuk menuju masa depan yang lebih baik. Masyarakat juga diharapkan turut melestarikan budaya lokal sehingga karakter suku bangsa selalu terjaga.(*)

News Feed