by

Ngobrol Asyik, Jelang Kegiatan World Cleanup Day

Wartasulsel.net, – Kegiatan World Cleanup Day (WCD) yang serentak dilaksanakan di 157 Negara dan di 34 Provinsi serta di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) dengan target relawan 13 juta di seluruh dunia di tahun 2019

Pada tahun 2018 yang hanya diikuti oleh 18 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Pangkep sukses menggelar WCD di tahun 2018 dengan sampah yang berhasil dikumpulkan seberat 115 Kg.

Pada diskusi lingkungan yang dikemas dalam ngobrol asyik dengan tema “Sampah, Masalah Kita Bersama” bersama dengan narasumber Kak Iwan Dento yang merupakan pemerhati lingkungan dan karst. (Pangkep, Sabtu 15/09/19)

Iwan Dento mengatakan untuk permasalahan sampah saat ini begitu kompleks mulai dari pencemaran lingkungan sampai gangguan kesehatan banyak diakibatkan oleh sampah terutamanya plastik.

Solusi dari itu semua menurutnya adalah secara bertahap kita harus menggunakan bahan dari alam salah satu contoh pipet bambu ini atau botol tumbler dari bahan bambu, kemudian juga di rumah saya hampir setiap perabotan rumah tidak menggunakan yang berbahan plastik walau itu berat tapi secara perlahan kita harus memulai.

“Salah satu juga cara untuk mengurangi sampah plastik dengan menggunakan ecobrick yang bisa kita manfaatkan sebagai tempat duduk, meja taman, ataupun pot bunga dan pagar taman yang akan memberikan warna tersendiri.” tegasnya Iwan

Leader WCD Kab.Pangkep, Andi Malikus Shalih M mengatakan pada diskusi lingkungan “Sampah adalah masalah kita bersama, untuk merubah seseorang supaya peduli itu sangat sulit.Makanya kita harus memulai dari pribadi kita dulu agar dapat menjadi contoh untuk orang lain.

“Kita tak dapat menggurui seseorang untuk peduli tapi kita bisa menjadi teladan untuk orang lain agar ikut peduli terhadap permasalahan sampah ini.” Tuturnya Andi Malikus Shalih yang akrab disapa amal tersebut.

Jadi, World Cleanup Day Kabupaten Pangkep memiliki 2 titik lokasi aksi bersih yaitu Kali Bersih Bambu Runcing dan Pulau Wisata Camba Cambang Kabupaten Pangkep dilaksanakan pada tanggal 21 September 2019.(SUS)

News Feed