by

Ammar Dukung Revisi UU KPK, KPK Bukan Malaikat di Negeri Ini

-Peristiwa-24 views

Wartasulsel.net,- Makassar- Aliansi Mahasiswa Makassar Anti Korupsi (AMMAR) menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk dukungan terhadap rencana revisi Undangan-undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (13/9/2019).
Ratusan massa melakukan aksi unjuk rasa dibawah jembatan Fly Over, Kota Makassar, dengan menggunakan mobil bak terbuka dan pengeras suara sebagai mimbar menyampaikan aspirasi para demonstran.

Tak hanya berorasi secara bergantian, para demonstran ini juga membentangkan spanduk berisikan dukungan terhadap revisi UU KPK untuk penguatan, perbaikan, bukan pelemahan dan KPK Bukan Bukan Malaikat Di Negeri Ini.
Jenderal lapangan aksi, Muhammad Ibnu Suhud menegaskan bahwa pihaknya sepakat dengan SP3 dalam jangka waktu setahun.
“Maka dari itu sangat penting dalam point ini terkait SP3, tentunya semua itu tidak lepas dari dewan pengawas dan apabila ada bukti baru dan putisan praperadilan bisa dicabut kembali,” tegasnya.

Ibnu juga menegaskan bahwa adanya beberapa kasus yang mandek dan sampai hari ini masi sebagai tersangka, RJ Lina sudah hampir 3 tahun masih tidak ada kejelasan dalam kasus ini. Maka dari penting kiranya ada SP3 mengingat asas kehati – hatian dalam penegakan hukum.
AMMAR juga sepakat dengan adanya dewan pengawas KPK agar KPK juga bisa dikontrol dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Usai menyampaikan aspirasinya, ditutup dengan beberapa point :
1. Kami sepakat dengan adanya batasan penyadapan karena penyadapan perlu diatur agar tidak melanggar Hak Privasi Setiap orang. Makanya penting ketika akan melaksanakan penyadapan harus mendapatkan izin dari dewan pengawas.
2. Kami sepakat dengan SP3 dalam jangka setahun, karena jangan sampai tidak ada aturan yang jelas misalnya orang yang sudah meninggal dunia ataupun sudah bertahun – tahun tidak mampu dibuktikan tetapi masih saja di proses dengan status tersangka. Maka dari itu sangat penting dalam point ini terkait SP3, tentunya semua itu tidak lepas dari dewan pengawas dan apabila ada novum kan bisa dicabut kembali.
Jadi bukan sesuatu pelemahan menurut kami dalam poin ini.
3. Kami sepakat dengan adanya dewan Pengawas KPK agar KPK juga bisa di kontrol dalam melaksanakan tugasnya dan tanggungjawab nya.

(RAF/redws)

Comment

Leave a Reply

News Feed