Brigjen Pol (P) A. Achmad Aflus Mapparrssaku Dinobatkan Sebagai Karaeng Turikale ke VIII

Sosbud175 views

Wartasulsel.net,- MAROS – Tujuh puluh raja dan sultan se-Nusantara, Karaeng yang tergabung dalam Aliansi Toddolimae ri Marusu, dewan adat dan bangsawan mancanegara menghadiri penobatan Brigjen Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa sebagai Karaeng Turikale ke-8.

Acara yang dilangsungkan di Gedung Serba guna pemerintah Kabupaten Maros, pada Rabu (05/09/2019) juga dihadiri beberapa tokoh masyarakat dan pejabat teras di Sulawesi Selatan.

Daeng Manye

Nampak hadir diantaranya, Gubernur Sulsel, Prof. HM. Nurdin Abdullah, Bupati Maros, H.Hatta Rahman, MM, Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, Wakapolda Sulsel, dan sejumlah bangsawan dari Meksiko, Malaysia, Australia, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

Sebelum penobatan beberapa ritual budaya dilakukan seperti Mala Lise’ Tana Menroja, Lekka wae Loppo, Cemme Majeng, Pasitekkereng Lawolo, Ripasessu ri Menrawe, Ripallejja Tana Menroja, dilakukan sebagai bagian dari prosesi penobatan Karaeng Turikale.

Gubernur Sulsel pada kesempatan tersebut, mengucapkan rasa syukur atas penobatan Brigjen Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa sebagai Karaeng Turikale ke-8.

“Setelah 70 tahun vakum, alhamdulillah saya bisa hadir dalam penobatan ini. Sebuah kehormatan bagi saya,” kata mantan Bupati Bantaeng dua priode yang juga merupakan bahagian dari Kekaraengan Bantaeng.
Menurut Nurdin Abdullah uang juga Karaeng Bantaeng ke 37 ini, kehadiran para raja dan sultan se nusantara di acara penobatan Karaeng ke – 8 ini merupaksn spirit bagi pemerintah Sulawesi Selatan. “Terkhusus bagi saya untuk lebih mengembangkan adat dan budaya untuk dilestarikan,” ujarnya.

(SYM/redws)