by

Teliti Mengenai To Boto dan Bissu di Sulawesi Selatan. Feby, Temukan Hal Yang Menarik

-Sosbud-316 views

Wartasulsel.net,- Yogyakarta- Mahasiswa program pascasarjana Antropologi, Universitas Gadjah Mada (UGM) ini sukses mempersentasikan temuannya mengenai relasi pertukaran Bissu dan To Botonya, Selasa (16/7/19) kemarin.

Dalam temuannya, Feby Triadi yang dihubingi via WA, memberikan penafsiran jika konsep peran yang diakui terbagi atas lima di tanah Bugis, juga bisa ditemukan dalam ranah yang sifatnya paling pribadi.

“Penelitian saya ini pada dasarnya ada beberapa pertukaran yang saya munculkan diantara mereka (Bissu dan To Boto), termasuk dengan pertukaran yang sifatnya pribadi” Ungkapnya.

Ia menambahkan jika selama ini konsep peran/gender, dan konsep seksual selalu dipandang melalui kacamata barat. Padahal di tanah Bugis, pandangan mengenai itu sudah ada sejak beberapa dekade lalu.

“Selama ini, kita selalu memandang konsep gender dan seks melalui kacamata barat. Tapi tunggu dulu, karena kita di Bugis memiliki pengakuan itu secara kultural. Walaupun selalu dipandang menyimpang oleh kelompok-kelompok tertentu” Sambungnya lagi.

Dirinya berharap, dengan penelitian ini akan membuka sedikit celah, bagi ruangan yang selama ini dianggap tabu dan pengap. Serta, apapun anggapan dan alasan yang datang dari pihak tertentu, keberagaman selalu harus dijunjung tinggi.

(IKF/redws)

News Feed