by

Pastikan Data Kemiskinan Sesuai Fakta, Pemdes Campagaya Gelar Rapat Verifikasi Data Kemiskinan

-Politik-43 views

Wartasulsel.net,- Takalar- Pemerintah Desa Campagaya menggelar rapat koordinasi penyiapan data kemiskinan dan evaluasi keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan pemerintah, bertempat di Kantor Desa Campagaya Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar pagi tadi, Selasa 14 Mei 2019.

Hal ini dilakukan atas intruksi bupati Takalar terkait mengentaskan atau verifikasi data kemiskinan yang memang dari beberapa tahun tidak pernah diperbaharui lagi atau ditada kembali.

Tim Verifikasi Data Kemiskinan Desa Campagaya merupakan tim yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Campagaya melalui forum musyawarah desa sejak tahun 2018 lalu terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Imam Desa, Imam Dusun, Babinsa, Bhabinkabtimas dan Perwakilan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan di Desa Campagaya.

Penjabat Kepala Desa Campagaya Sahar S.Sos menyatakan “Verifikasi data kemiskinan melalui musyawarah merupakan langkah yang tepat karena dapat memastikan usulan penerima manfaat bantuan pemerintah tepat sasaran dan menyentuh keluarga yang layak menerima atau dikategorikan keluarga miskin.

Selain itu, semua elemen masyarakat dilibatkan sehingga transparansi dan akuntabilitas data bisa dipertanggungjawabkan bersama. Sehingga dikemudian hari pihak yang terlibat dalam proses verifikasi ini dapat sama-sama bertanggungjawab dan mengantisipasi jika ada kekeliruan ataupun ketidaksetujuan masyarakat terkait data yang disajikan.

Lebih lanjut Muhammad Sahar S. Sos. sebagai penanggungjawab kegiatan dan pemimpin rapat memperjelas informasi terkait agenda hari ini “Penerima manfaat di dicocokkan ke dalam Basis Data Terpadu (BDT), apabila masih ada msyarakat yang dikategorikan masyarakat kurang mampu/miskin maka akan diusulkan terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam BDT sebagai syarat untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

Sedangkan keluarga yang sudah mengalami perubahan kondisi perekonomian yang lebih baik maka dinyatakan sudah tidak layak lagi dibantu oleh pemerintah. “Oleh karena itu segera dicarikan pengganti yang layak. Tujuannya adalah untuk memastikan pemerataan penerima manfaat dan menumbuhkan rasa keadilan sesama masyarakat di Desa Campagaya,” ungkapnya

Hal senada juga disampaikan salah seorang peserta musyawarah bahwa rapat seperti ini memang bagus dilaksanakan karena ini melibatkan semua unsur masyarakat dan bisa menyepakati bersama mana yang benar-benar layak dan mana yang sudah tidak layak. Supaya kedepannya dengan data hasil musyawarah seperti ini memang tepat sasaran dan tidak ada indikasi tebang pilih,” ujarnya.

(SUHA/redws)

News Feed