by

LPPPTK KPTK Gowa Susun Model Diklat Peningkatkan Potensi PTK

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi, dan  Komunikasi yang kemudian disingkat menjadi LPPPTK KPTK merupakan salah  satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia yang bermaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kehadiran LPPPTK KPTK yang berlokasi di Gowa Sulawesi Selatan ini  berorientasi menjadi lembaga yang bekerja untuk meningkatkan kompetensi dan  kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan yang terprogram dan sistematis pada  bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi di seluruh  Indonesia dan terkhusus di kawasan Indonesia timur.

Atas dasar itulah LPPPTK KPTK Gowa gelar workshop pengembangan model-model peningkatan kompetensi PTK tahap 1 yang berlangsung di Hotel Remcy Makassar, Sabtu (13/4/2019).

Untuk menjamin pelaksanaan peningkatan kompetensi PTK maka dipandang perlu untuk menyediakan model-model pelatihan yang dapat mengakomodir sebagian besar kebutuhan peningkatan kompetensi PTK SMK bidang kemaritiman serta PTK SD/SMP/SMA bidang TIK dengan harapan dapat membuat pemicu terhadap percepatan pemerataan diklat bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan di setiap sekolah.

Untuk menghasilkan sebuah diklat tidak bisa lahir begitu saja harus ada persiapan seutuhnya untuk mendesain sebuah diklat dan ada beberapa tahapan yang harus diperhitungkan sebelum digunakan di tahun 2020, ujar Dr. Muhammad Hasri.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi LPPPTK KPTK sebagai lembaga yang menyelenggarakan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan dasar dan menengah bidang kelautan, perikanan, teknologi informasi dan komunikasi.

Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari widyaiswara, PTP, staf LPPPTK KPTK dan pihak dari luar yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang yang dibutuhkan dalam kegiatan ini.

Sementara itu Nazaruddin selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi seluruh tim penyusun/pengembang untuk melakukan diskusi dan brain storming dalam melakukan penyusunan/pengembangan model pendidikan dan pelatihan.

(RAF/redws)

Comment

Leave a Reply

News Feed