by

 Dinas Perkebunan Gelar Forum Komunikasi Perangkat Daerah

-Peristiwa-329 views

Wartasulsel.net,- Makassar- Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan gelar Forum Komunikasi Perangkat Daerah yang dihadiri oleh pemangku kepentingan di bidang perkebunan Kabupaten/Kota yang berlangsung di Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (20/3/2019).

 

Forum Komunikasi Perangkat Daerah ini merupakan forum komunikasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan serta menyusun dan menyempurnakan rencana kerja OPD agar tercipta padanya keselarasan dan dapat melahirkan program dan kegiatan yang bersinergi, terpadu dan sinkron antara Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kepala Dinas Perkebunan Sulsel, Andi Parenrengi dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkebunan merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Sulawesi Selatan telah menempatkan beberapa komunitas unggulan komoditi yang memberikan kontribusi terbesar terhadap kesejahteraan masyarakat.

Dimana lima diantaranya merupakan komoditi prioritas yang mendapat dukungan penuh baik dari pemerintah maupun pusat yakni kakao, kopi, lada, pala dan cengkeh yang sering kami singkat KAKILAPACE, ujarnya.

Oleh karena itu, melalui forum ini diharapkan menjadi forum antar seluruh stackholder sekaligus penyampaian rancangan program kegiatan strategi serta indikatif pembiayaan tahun anggaran 2020 sehingga dapat terwujud keselarasan program dan kegiatan pembangunan perkebunan.

Lebih jauh lagi, Andi Parenrengi berharap pemangku kepentingan di bidang perkebunan supaya berkomitmen menerapkan program-program strategis dalam usaha penguatan aspek kelembagaan, penanganan pasca panen, pengolahan hasil dan pemasaran hasil yang berpihak kepada petani.

Untuk itu, kami sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap jajaran perkebunan dan segenap komponen masyarakat yang terlibat dalam pembangunan perkebunan di Sulawesi Selatan memberikan begitu banyak kontribusi.

Sementara itu Kasubag Program, Akhmad Syukri mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini mampu mengembalikan kejayaan kopi dan cengkeh yang pernah berjaya di masa penjajahan Indonesia.

Dan itu menjadi perhatian kita semua apa yang harus kita lakukan untuk mengembalikan kejayaan hasil perkebunan kita, ungkapnya.

(RAF/redws)

News Feed