by

Gempa Beruntun Guncang Pulau Sumatera, Singkil Dan Nias 5,5 SR

-Peristiwa-1,348 views

Wartasulsel.net, – Gempa beruntun mengguncang Pulau Sumatera, usai Kabupaten Aceh Singkil dan Kepulauan Nias diguncang gempa bumi berkekuatan M 5,5 SR, gempa kembali terjadi di Kepulauan Nias dan wilayah Padang Lawas Utara (Paluta) dengan kekuatan M 5, 8 SR , Senin (11/03/2019) sekitar pukul 23.34 WIB.

Dilansir beritasumut.com, “Episenter gempa bumi yang terjadi, terletak pada koordinat 1,11 LU dan 98,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 km arah barat daya Kota Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 76 km,” ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono kepada wartawan.

Bila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di magathrust.”Di mana hasil analisis mekanisme sumber, menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault),” jelasnya.

Selain di daerah tersebut, guncangan gempa bumi ini juga dilaporkan dirasakan di daerah Aek godang, Gunungsitoli Nias, dan Teluk Dalam dalam skala intensitas II -III Modified Mercalli Intensity (MMI), serta Aceh Singkil dalam skala II MMI.”Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Triyono.(BS09).

Sumber : beritasumut.com

News Feed