by

Bagaimana Menyikapi Tantangan  Pemilu Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

-Opini-718 views

Wartasulsel.net,- Gowa- Indonesia dibangun dari keberagaman, dengan rentang geografis yang sangat luas dan beribu pulau, beraneka ragam suku, bangsa, agama, bahasa dan budaya. Luar biasa, kita dipersatukan dalam keberagaman di wadah negara yang disebut Indonesia. kata Kapolsek Barombong AKP. Muh. Hasyim. SH dalam safari Jumat di Masjid Jabal Turzina di dusun Tabbingjai kec. Barombong Gowa (07/03/2019).

Dalam siaran pers Kapolres Gowa ini disampaikan Kapolsek bahwa menjelang Pemilu 2019 ini kita dihadapkan pada berbagai peristiwa ketika SARA kembali diaktifkan sebagai komoditi dalam politik. Ujaran kebencian terucap di media sosial, mendiskreditkan suku atau golongan tertentu seolah-olah lebih rendah dari suku lainnya, radikalisme membonceng dengan konsep khilafah-nya, komunitas tertentu memfitnah orang lain, dan berbagai peristiwa lainnya. Inilah masalah yang harus kita hadapi bersama. Tidak boleh kita biarkan, kita harus bergerak bersama menjaga kebhinekaan Indonesia dan persatuan bangsa.

Bagaiamana cara kita menghadapinya? Ada beberapa langkah positif yg bisa kita lakukan bersama yaitu ; pertama adalah  memberikan edukasi dan sosialisasi secara aktif bahwa keragaman dan perbedaan itu adalah sarana untuk pemersatu elemen bangsa bukan sebaliknya. Yang kedua adala adanya  tanggung jawab bersama untuk membina masyarakat menjalankan nilai-nilai agama masing-masing, karena semua agama pasti mengajarkan kedamaian dan kesejukan. Kemudian yang ke tiga yaitu bergandeng tangan bersama menghadapi potensi gangguan yang dapat mengganggu Pemilu Damai 2019 seperti hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA, radikalisme bahkan konflik terbuka yg gunakan kekerasan fisik. Kunci AKP. Muh. Hasyim. SH

Humas barombong.

(*)

News Feed