by

Hari Ini Pembangunan Underpas Malang Surabaya Dimulai

-Sosbud-63 views

Wartasulsel.net,- Malang- Pembangunan underpass Karanglo, pagi ini, resmi dimulai. Pengerjaan proyek senilai kurang lebih Rp 80 miliar itu, ditandai dengan penancapan tiang pancang pertama.

‘’Betul. Pagi ini, proyek underpass Karanglo dimulai,’’ jelas Agus Tri, Humas PT Jasa Marga Pandaan-Malang ketika dihubungi, Kamis pagi. Seperti yang dilansir dari malangpostonline . com

Posisi exit tol Pandaan-Malang di perempatan Karanglo, sangat butuh underpass. Arus lalu lintas dari exit tol bisa langsung ke arah Batu. Atau ke kiri ke arah Malang. Tidak terganggu arus lalu lintas dari arah Surabaya-Malang dan sebaliknya.

Tidak itu saja. Pembangunan underpass jauh lebih murah dibanding biaya pembangunan fly over. Menurut perhitungan Jasa Marga Pandaan-Malang, flyover di perempatan Karanglo butuh anggaran Rp 250 miliar. Dan pengerjaannya jauh lebih lama.

‘’Karena itu, dipilih underpass yang lebih murah. Dan pengerjaannya lebih cepat,’’ rinci Indrawan, Project Manager 2 PT Jasa Marga Pandaan Malang.

Secara teknis, underpass Karanglo akan dibangun sepanjang 343 meter. Bentang sisi utara (arah Malang) 152 meter, bentangan tengah (persis posisi terowongan) 38 meter. Dan bentang sisi selatan (arah Surabaya) 153 meter.

Pembangunan underpass terdiri dari 2 jalur dengan kapasitas 4 lajur. Setiap lajur lebarnya 3,5 meter. Nanti arus lalu lintas dari dan ke Malang bisa leluasa lewat underpass Karanglo.

Akibat pembangunan underpass ini pula, macet menjadi pemandangan sehari-hari di ruas jalan Singosari-Karanglo, pagi hingga malam hari. Begitu pula sebaliknya. Dari Malang ke Surabaya juga ikut macet. (has)

News Feed