by

Blangko E-KTP Dijual Bebas di Pasar Pramuka Hingga Tokopedia

Wartasulsel.net,-Jakarta – Blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi milik pemerintah, beredar dan diperjualbelikan di pasaran.

“Blangko KTP elektronik yang dengan mudah diperoleh dari transaksi dalam jaringan penjualan online Tokopedia teridentifikasi telah dilakukan personalisasi”, jelas Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh melalui konfirmasi via whatsapp pada hari Kamis pukul 11:47 Wita siang (06/12/2018).

Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan bahwa, “salah satu tahap proses pencetakan data di dalam chip KTP-el di Tokopedia, blangko KTP-el ditawarkan oleh toko Lotusbdl. Pihak tokopedia telah menindak lanjuti penjual itu setelah menerima laporan temuan bahwa blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) asli dengan spesifikasi resmi adalah milik pemerintah.

Tokopedia sudah menghapus produk blangko KTP elektronik yang dijual di platform-nya dan selanjutnya pihak Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengambil tindakan dengan melakukan penyisiran kepada pihak-pihak yang melakukan peredaran penjualan langsung di Pasar Pramuka Pojok, Jakarta Pusat, serta di toko yang ada dalam platform e-dagang”, ujarnya.

Kata dia, “untuk satu lembar blangko e-KTP dipasarkan seharga Rp 150.000 untuk blangko KTP-el bekas dan Rp 200.000 untuk blangko KTP-el baru”.

“Salah satu penjual yang enggan disebut namanya telah mengaku bahwa dirinya mendapatkan blangko tersebut dari perusahaan percetakan”.

Dalam pengakuannya mengatakan, “tidak sembarang orang yang bisa beli di percetakan tersebut, jika ingin mendapatkan barangnya, harus dengan dasar saling percaya dan untuk lokasinya, tidak bisa saya sebutkan, karena ini rahasia negara”.

Dirinya menambahkan bahwa, “Secara kasat mata, blangko yang dijual sangat mirip dengan blangko asli, termasuk hologram di lembar muka blangko”. Penjual akan meyakinkan kepada pembeli bahwa blangko itu asli dan di dalamnya tertanam chip, Ia juga akan menawarkan blangko KTP-el dalam jumlah besar dan sipenjual mengaku siap menyediakan 200-300 lembar jika dibutuhkan”.

“Didaerah sekitar sini beberapa kios yang bergerak pada jasa pengetikan dan penjilidan dokumen di Pasar Pramuka Pojok, juga bisa menyediakan jasa pembuatan e-KTP asli tapi palsu, alias aspal”, dia tutupnya.(CLT).

Comment

Leave a Reply

News Feed