by

Rapat Koordinasi Siaga Darurat Cuaca Ekstrim BNPB Sulawesi Selatan

Wartasulsel.net,- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta pemerintah daerah (Pemda) menetapkan status siaga darurat bencana bahkan sebelum bencana menerjang wilayahnya. Dengan demikian,. BNPB bisa memberikan bantuan-bantuan logistik dan menerjunkan personel. Rabu (14/11/2018).

H. Syamsibar mengatakan bahwa Sebaiknya semua pihak termasuk pemerintah dan masyarakat siap siaga menghadapi bencana banjir dan longsor yang sering terjadi di penghujung akhir tahun ini.

“Sebaiknya sebelum terjadi bencana, pemerintah menetapkan status siaga darurat bencana karena itu kan tanggung jawab utama daerah”.

Sekarang sudah memasuki musim hujan yang intensitasnya semakin tinggi yang diperkirakan sampai awal tahun 2019. Oleh karena itu kami mengundang semua BPBD, Basarnas, BMKG, Dinas Sosial, PMI, The VAT Australia dari kabupaten kota.

Apalagi instansi berwenang, seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jika sudah menyatakan akan terjadi cuaca ekstrim hingga peningkatan curah hujan didaerahnya.

Dengan penetapan status tersebut, dia menambahkan BNPB bisa bersiap-siap dan memberikan bantuan kepada daerah tersebut. Ia menyontohkan. Intinya kesiapan kita menghadapi bencana.

Kemudian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kalau sudah ada (status) siaga didaerahnya maka harus melakukan hal-hal penting (memberikan bantuan). ujarnya

(RAF/redws)

News Feed