by

Sidrap Lakukan “#fightinghoax and lets make inspiring stories”

Wartasulsel.net,- Sidrap– Ada yang menarik dua hari ini di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), tepatnya di Pondok Pesantren Al Urwatul Wusqaa, Benteng. Selama 2 hari ini digelar pelatihan “#fightinghoax and lets make inspiring stories”. Pelatihan ini merupakan program yang digelar Kedutaan Amerika di Indonesia setiap tahunnya di sejumlah daerah di Indonesia. Kedutaan Amerika menggaet Lita Hariyani, alumnus program US Embassy yang memenangkan Small Grant US Embassy dan didapuk menjadi Project Leader di Program ini, (12/11/2018).

Pelaksanaan program “#fightinghoax and lets make inspiring stories” sengaja dipilih jelang pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif 2019, dengan mempertimbangkan maraknya peredaran berita hoax di masyarakat. Sedangkan sasarannya adalah para pelajar SMA, karena kelas sosial ini merupakan kelompok yang paling aktif menggunakan media sosial dan gadget.

Tujuan pelaksanaan program ini untuk mengajarkan para siswa mengidentifikasi berita hoax, membangun kesadaran agar tidak mudah menyebarkan berita hoax dan mengajak mereka agar aktif meng counter informasi yang tidak benar kepada rekan-rekannya di media sosial. Selain itu program ini juga mengajarkan para siswa melek literasi digital dan literasi media, dengan cara memberi pelatihan cara menulis, membuat content serta menggunakan alat kamera dan editing dengan baik.

Wakil Atase Pers Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia, Gurdit Singh mengaku senang dengan antusias murid-murid prsantren,” Saya rasa ini adalah pelatihan yang snagat bagus untuk anka-anak muda, terutama di usai mereka yang masih duduk di bangku SMS. Usia anak-anak ini sangat mudah terpapar teknologi. Jadi pelatihan melawan hoax dan membuat paket-paket yang menginspirasi ini bisa membantu mereka membuat sesuatu yang bermanfaat, tidak hanya untuk sekolah saja tetapi juga untuk lingkungannya.”

Pelatihan #fightinghoax and lets make inspiring stories” dilaksanakan di Kota Makassar dan Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan pada tanggal 10 – 14 November 2018.
Workshop sesi pertama dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Kota Makassar pada hari Sabtu, tanggal 10 November 2018. Lita Hariyani sebagai project leader dan Alumni Program Kedutaan Besar Amerika di Indonesia mengajak beberapa pemateri yang merupakan spesialis di bidangnya, yakni Qodriansyah Agam, ketua umum Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) kota Makassar. Selain itu dari Komunitas Kelana turut mengisi materi, yakni Prisca Niken (Presenter Berita SCTV), Dwi Firmansyah (Dosen Universitas Mercubuana Jakarta dan Pengurus IJTI Pusat), Kurnia Supriyatna (Video Journalist SCTV) dan Iwan Setiawan (Senior Editor SCTV dan freelancer editor film dokumenter di berbagai festival). “Saya senang sekali bisa menjadi project leader dalam program ini karena bisa langsung bertemu dengan para anak muda yang berbakat. Semoga pelatihan ini bias membuat mereka memahami apa bahaya dari berita hoaks dan mereka bias membuat cerita-cerita inspirasi, setidaknya di sekitar mereka dulu.”

Tak hanya di Makassar dan Sidrap, pelatihan serupa juga akan digelar di Kabupaten Sorong, Papua Barat pada bulan Februari 2019.

(CLT/redws).

Ket gambar
Suasana kegiatan pelatihan “#fightinghoax and lets make inspiring stories” di pondok pesantren Pondok Pesantren Al Urwatul Wusqaa, Benteng Kabupaten Sidenreng Rappang

News Feed