by

Bupati Barru Gelar Bimtek Rencana Strategi SKPD Kabupaten Tahun 2016-2021

Wartasulsel.net,- Barru– Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memberikan sambutan serta membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) SKPD Kabupaten Barru Tahun 2016-2021. Pelaksanaan Bimtek ini dihadiri oleh seluruh pejabat/staf yang menangani perencana kegiatan masing-masing skpd se-kabupaten Barru (dinas/instansi, bagian dan kecamatan). Sabtu (10/11/2018) di Hotel Singgasana Makassar.

Secara ringkas dalam sambutannya Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memaparkan kegiatan Penyusunan Rencana Strategis SKPD (atau Renstra – SKPD) merupakan hal yang sangat penting dan strategis karena merupakan breakdown dari visi misi Pemerintah Daerah yang tertuang dalam RPJMD dan RKPD. Renstra SKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah.
Untuk periode 5 (lima) tahun, dengan mengacu kepada dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Renstra SKPD mencakup arah kebijakan yang akan dicapai SKPD dalam 5 tahun kedepan, yang memuat tentang visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program dan kegiatan indikatif SKPD, yang ditetapkan dengan keputusan Kepala SKPD. Hal ini merupakan dasar bagi akuntabilitas dari SKPD dalam lima tahun ke depan.

Mengacu kepada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/09/M.PAN/5/2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Peraturan Daerah Kabupaten Barru Nomor 6 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Barru Tahun 2016-2021, yang dilandasi oleh semangat otonomi daerah dimana pemerintah daerah berwenang untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah menurut azas otonomi dan tugas pembantuan. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 4 ayat 1.Pemberian otonomi dimaksudkan untuk mempercepat proses terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA), Ir. H. Nahruddin Umar S, SKM. M.Kes. mengatakan bahwa Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas aparat sipil yg ada di pemerintah kabupaten Barru terutama dokumen perencanaan yg spesifik pada penyusunan rencana strategi (RENSTRA) yang merupakan turunan dari RPJMD kabupaten Barru yg sudah dilakukan revisi.

Semoga dengan adanya bimtek ini mampu mensinergikan program dan tujuan yang ada di antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan meningkatkan kualitas penyususnan dokumen renstra setiap SKPD ke depan. Dalam waktu dekat penyusunan Renstra nya harus selesai karena ini harus keluar dalam bentuk dokumen.

(RAF/redws)

News Feed