by

Minimnya Koperasi Di Makassar Lakukan RAT, Terancam Dibekukan

Wartasulsel.net, – Semua Koperasi di Makassar wajib melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), hal ini perlu dilakukan karena berdampak dengan penonaktifan operasional kepada Koperasi tersebut jika tak lakukan hal demikian.(23/10/2018)

Kondisi itu dijelaskan lagi bahwa Koperasi wajib melaksanakan RAT, jika dalam selang waktu tiga tahun tidak melaksanakan RAT, Koperasi tersebut bakal dibekukan. Ini berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi No 10 tahun 2015.

Rujukannya yakni berdasarkan UUD 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian, maka RAT itu dilaksanakan minimal satu tahun sekali.

Di Makassar, tercatat ada seribu lima ratus lebih Koperasi yang beroperasi, namun hanya sekitar 300-an lebih yang aktif melakukan RAT tersebut, ungkap Ibu Ani salah satu staff kelembagaan Dinas Koperasi Kota Makassar.

Ditambahkan pula bahwa peranan RAT sangat penting, karena RAT merupakan pertanggungjawaban pengelola koperasi kepada pemilik koperasi (anggota). Maka itu, RAT wajib atau harus dilaksanakan. Jika tidak, pemerintah harus tegas, berikan peringatan dan lakukan ancaman, tutupnya(*)

Comment

Leave a Reply

News Feed