by

Lestari Budayaku, Bersatu, Berkarakter Bangsaku

Wartasulsel.net,- Pinrang – Kegiatan Festival permainan rakyat tradisional tingkat Kabupaten Pinrang yang dilaksanakan dihalaman rumah addatuang Soeraja Sawitto berlangsung meriah, Kamis (08/11/2018).

“Festifal kebudayaan yang dilaksanakan oleh dinas Dikbud Kabupaten Pinrang bersama kementrian kebudayaan Sulawesi Selatan, sengaja di pusatkan dirumah adat Addatuang Soeraja, agar nantinya masyarakat tau bahwa tempat dan rumah adat Addatuang Seoraja berada di jalan Poros Rappang”, jelas H. Muh. Alimin,S.Pd, MPd. Kabid Kebudayaan Kabupaten Pinrang saat ditemui.

“Kegiatan festifal permainan rakyat tradisional dimulai pada tanggal 5 November dan berakhir pada tanggal 13 November 2018 yang di ikuti peserta dari 12 (dua belas) Kecamatan se Kabupaten Pinrang mengangkat tema “Lestarikan Budayaku, Bersatu Dan Berkarakter Bangsaku”, Muh.Alimin jelasnya.

Ungkapan yang sama di sampaikan oleh A. Harisuddin, S.Pd, mengatakan “Festifal permainan rakyat yang akan di mainkan diantaranya Mattojang (pakai ayunan dari pohon pinang) setinggi 20 meter, majengga (pakai alat bambu), maggasing, Massallow, dan Tarompa”.

Harisuddin kata dia, “Semoga dengan adanya kegiatan ini, permainan rakyat tradisional yang sudah terlupakan oleh masyarakat Kabupaten Pinrang karena adanya pengaruh budaya modern bisa kembali dilestarikan dan di perkenalkan kepada anak cucu kita nantinya”.

“Kegiatan festifal permainan rakyat tradisional tingkat Kabupaten Pinrang ni akan menjadi sebuah agenda rutin untuk dinas Kebudayaan Kabupaten Pinrang”, Harisuddin tutupnya.(CLT/redws).

Ket. Gambar:

1. H. Muh. Alimin,S.Pd, MPd. Kabid Kebudayaan bersama Harisuddin, S. Pd.

2. Suasana kegiatan permainan rakyat tradisional tingkat Kabupaten Pinrang.

3. Sudihin,S.Pd pelatih permainan Swallo dan Jengga Dari Kecmatan Patampanua

Comment

Leave a Reply

News Feed