by

DKP Jeneponto: Jika Penyaluran Konversi BBM Ke BBG Ada Pungli Ini Sanksinya

Wartasulsel.net, JENEPONTO- Jika penyaluran bantuan konversi paket mesin bahan bakar minyak (BBM) ke tabung gas elpiji 3kg (BBG) terdapat pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oleh penyuluh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jeneponto. Pihaknya akan menindaki bila itu terbukti melakukan.

Pihak DKP Jeneponto akan beri sanksi kepada para penyuluhnya untuk memindahkan ke tempat lain. Dan kepada nelayan jika melapor bahwa membayar baru bisa dapat mesin, maka mesinya akan saya tarik kemudian saya alihkan ke orang lain yang memiliki kartu nelayan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jeneponto, H. Agus Saleh sapaan Kr. Makka di Gedung Sipatangngarri Jeneponto kepada awak media. Rabu, (31/10/2018).

Ia mengaku, memang ada beberapa laporan yang diterima terkait adanya pembayaran diluar, tapi hanya laporan tok saja, tidak ada bukti fisik yang akurat, Dan sejauh ini juga belum ada penerima manfaat atau nelayan yang datang temui DKP Jenponto terkait pembayaran (pungli), ucap kr. Makka.

“Sampai detik ini dan bahkan sudah pembagian terakhir tidak pernah ada nelayan yang temui saya dan mengatakan membayar mesin baru dapat, dan kalaupun itu ada berarti ada oknum yang melakukan diluar. Kalau dari pihak DKP Jeneponto itu tidak ada, karena ini bantuan gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun,” katanya

Ia tambahkan, kebijakan itu ada misal dalam satu rumah mendapat dua mesin seperti dapat anaknya, dapat juga bapaknya, data itu diverifikasi supaya orang lain juga mendapat mesin, sepanjang orang itu kesehariannya adalah nelayan. Dan memiliki kartu nelayan dan KTP asli.

“Nah, kebijakan seperti itu, kita kasih pengertian kepada penerima manfaat supaya orang lain juga dapat kasihan. Saya katakan bersabar saja, karena Insya Allah masih ada tahab ketiga yang akan menyusul sekitar 15000 unit mesin

Olehnya itu, saya berharap agar ini tetap dijaga jangan ada riak-riak. Tahun kemarin yang paling tertib pembagian mesinnya adalah Kabupaten Jeneponto, jadi tolong dipertahankan prestasi ini demi para nelayan kita khususnya di Jeneponto, urainya

“Jujur saja Pak Sekjen ESDM sudah sampaikan ke saya, Ia bilang 1000 tapi diotaknya 15.000 yang akan didistribusukan ke DKP Jeneponto tahun depan,” sebutnya.

Diketahui bantuan konverter kit sebanyak 1000 unit mesin motor perahu dan 2000 tabung gas elpiji 3kg dari ke Menterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pusat untuk nelayan kecil, persatu nelayan paket satu mesin motor perahu dan 2 tabung gas elpiji 3kg. (Samsir)

News Feed