by

Bupati Takalar Jadi Pembicara Di Sosialisasi Bawaslu

WARTASULSEL.NET, Takalar – Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt, MM. berkesempatan menjadi guest speaker/narasumber dalam kegiatan “Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019” yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan di aula Grand Hotel Kalampa, Takalar, rabu (17/10) pagi.

Sosialisasi yang berlangsung sehari ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Sulsel, Dr. Adnan Jamal, SH.MH dan menghadirkan sekitar 100 peserta terdiri dari organisasi masyarakat sipil, partai politik dan media massa di Kabupaten Takalar.

Pada kesempatan ini, H. Syamsari memberikan sambutannya yang mengatakan diantaranya bahwa Pemkab Takalar saat ini berupaya untuk memekarkan kecamatan dengan tujuan melakukan sistem pelayanan yang lebih baik terutama sistem pelayanan kependudukan.

“Saya berharap Takalar dapat terbentuk kurang lebih 15 kecamatan yang efeknya akan ada pemekaran desa dengan tujuan untuk memperbesar jumlah uang yang masuk sehingga distribusi pendapatan masyarakat lebih baik karena skala  demokrasi yang sehat adalah jika level tingkat ekonomi masyarakat menengah ke atas dan apabila tingkat pendidikan masyarakat baik”, tambahnya lagi.

H. Syamsari pada sosialisasi ini dalam materinya membahas tentang peran aktif pemerintah daerah dalam menyukseskan pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan pada pemilu tahun 2019 sebagai perwujudan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu saat membuka secara resmi sosialisasi ini, mengajak kepada ormas, parpol dan media massa untuk bersama-sama mengawasi proses setiap tahapan dalam pemilihan umum sesuai prosedur yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan sehingga kita dapat melahirkan pemilu berintegritas.

Ir. Syukri, MM selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan ini dilakukan di 24 Kabupaten/Kota dan kegiatan ini yang ke-23 di Kabupaten Takalar dalam rangka memaksimalkan fungsi-fungsi penyelenggaraan dan pengawasan tahapan pemilihan umum tahun 2019 serta sebagai salah satu perwujudan dari tujuan kelembagaan Bawaslu dalam pelibatan masyarakat dalam pengawasan Partisipatif.

“Parpol, ormas dan media massa kami anggap memberikan peran penuh dalam kesuksesan pemilu, khususnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) hingga Pemilihan Presiden (Pilpres). Dan sosialisasi juga sebagai satu perwujudan dari tujuan kelembagaan Bawaslu Sulsel dalam hal pelibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif”, jelasnya lagi.

 

(MSL/redws)

News Feed