by

Pembukaan Festival F8 2018, Losari ‘Dibanjiri’ Pengunjung

WARTASULSEL.NET – Opening ceremonial “Makassar International Eight Festival & Forum 2018” resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, rabu (10/10) malam. Rencananya, festival ini akan berlangsung hingga tanggal 14 oktober mendatang yang berpusat di sepanjang anjungan pantai Losari Makassar.

Pembukaan F8 yang diselenggarakan di pelataran City of Makassar pantai losari ini dipadati oleh ribuan pengunjung yang ingin melihat langsung kemeriahan yang ditampilkan oleh para pengisi acara seperti penyanyi ibukota, Regina ‘Idol’ dan Once Mekel. Selain itu, peragaan budaya seperti Pepe-pepe ri Makka, Gandrang Bulo, dan tari Kalompoanna Parasanganta’ turut memukau mata pengunjung yang hadir.

Event bertaraf internasional tahun ini merupakan yang kali ketiga yang digelar oleh Pemkot Makassar. Namun, di tahun ini antusiasme dari kepala-kepala daerah di Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dari banyaknya kepala daerah yang turut hadir dalam opening ceremony tersebut.

“Ini luar biasa sekali, kami dari Pemprov tentu sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Pak Danny mengatakan kalau ada 25 Bupati/Walikota yang daftar, tapi sekarang ada 50 yang datang”, ungkap Gubernur yang baru saja dilantik tersebut.

Nurdin Abdullah pun turut mengacungi jempol atas keberhasilan event F8 yang diselenggarakan oleh Pemkot Makassar dalam 2 tahun belakangan karena berhasil masuk ke dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

“Acara yang sangat luar biasa dapat masuk ke dalam 100 event Wonderful Indonesia. Kedepannya saya harapkan harus ada inovasi dalam pelaksaan selanjutnya namun tetap mengangkat kesenian lokal kita.”, imbuhnya.

Sebelumnya, opening ceremonial ‘Makassar International Eight Festival & Forum 2018’ sempat diwarnai dengan aksi penggalangan dana dan do’a bagi para korban bencana gempa & tsunami di kota Palu dan Donggala yang dilakukan oleh Ramdhan Pomanto selaku Walikota Makassar.

Harapannya agar F8 kali ini mampu menjadi pelipur lara dan penyemangat bagi para korban yang ditimpa musibah gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah.

“Semoga dengan F8 di Makassar, Palu dan Donggala bisa segera bangkit kembali.”, ujarnya.

Pasca diguncang gempa berkekuatan 7.7 SR yang disusul tsunami 28 september silam, sekitar 15.000 korban dampak gempa-tsunami dari wilayah Sulawesi Tengah mengungsi ke berbagai wilayah di kota Makassar.

(fandyws)

News Feed