by

Penasaran Akan Cabor Petanque Masyarakat Padati Lapangan Bosowa Pinrang

Wartasulsel.net, – Pinrang. Penasaran adalah satu sifat alami yang kita bawa sejak lahir. Rasa penasaranlah yang membuat anak-anak terus bertindak dan melakukan apa saja untuk bisa memuaskan rasa ingin tahunya sebuah rasa yang ingin mengetahui secara langsung terhadap sesuatu hal, inilah fakta yang terjadi saat sekarang di acara porda Sulsel ke 16 tahun 2018 Kabupaten Pinrang, dimana rasa penasaran masyarakat terhadap cabang olah raga petanque yang sedang berlangsung dilapangan Bosowa Pinrang, “(25/09/2018).

“Petanque adalah salah satu jenis cabang olah raga eksebisi yang baru pertama kali diperkenalkan di porda Sulsel ke 16 Pinrang, meskipun hanya sebahagian dari warga masyarakat Kabupaten Pinrang yang tau jenis permainan ini akan tetapi cabang olah raga petanque sudah menjadi bahan perbincangan dari berbagai kelompok masyarakat”, terang Ilwan Sugianto.

Wan mengatakan, “cabang olah raga Petanque yang digelar pertandingannya selama tiga hari dari tanggal 24-26 September 2018 di Lapangan Bosowa, setiap harinya akan dipadati kunjungan penonton pada waktu sore hari.

Lanjut iwan, selain lokasi lapangannya yang strategis berada diporos trans sulawesi depan Masjid Al-Munawir Pinrang olahrga petanque yang sudah mendunia ini hampir sama dengan olah raga tradisional Bugis Makassar yakni Massanto”.

“Cabang olahraga yang kita kenal dengan nama petanque ini berasal dari negara Perancis, sebuah permainan yang menggunakan alat bantu berbentuk bola terbuat dari besi logam sebagai syarat permainannya, Petanque bisa dimainkan oleh dua hingga enam orang yang terbagi dalam dua tim, di lapangan tanah ataupun berbatu, namun harus datar”, kata iwan.

“Cara bermainnya pun cukup mudah, para pemain harus berada dalam suatu lingkaran untuk melemparkan bola logam (boule) sedekat-dekatnya dengan bola berukuran kecil yang biasa disebut jack, bola logam paling dekat dengan jack akan mendapat poin satu,  dalam satu bola logam pointnya satu sedangkan bola logam yang dipakai ada tiga buah”, tambahnya.

“Petanque ini masih kurang digemari oleh masyakarat maupun kalangan pejabat,  namun beberapa daerah mulai mengembangkannya di Sulsel termasuk Kabupaten Pinrang yang saat ini mengutus timnya berlaga di Porda di Pinrang”. CLT/RedWS.

Narasumber: Ilwan Sugianto.

News Feed