by

Dirjen Bea Cukai Sosialisasi Aturan Baru Impor Barang Kiriman

Wartasulsel.net, – Makassar. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, melalui Kanwil Bea Cukai SULBAGSEL mensosialisasikan terakit  peraturan terbaru terkait perubahan ketentuan impor barang kiriman. Sabtu (21/09/2018).

Disco Valuasy Harefa, selaku Kepala Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat menuturkan bahwa memang  ada beberapa perubahan di peraturan baru yaitu peraturan Menteri Keuangan Nomor.112/PMK.04/2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman” ucapnya.

“Peraturan tersebut merupakan salah satu bentuk perubahan dari PMK-182/PMK.04/2016 dimana tadinya diatur perihal pembatasan atas barang kiriman yang dibebaskan dari pengenaan pajak senilai $100 kini mengalami penurunan menjadi $75” lanjutnya.

Apabila nilai barang kiriman lebih dari USD75, akan dikenakan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor dengan tarif sesuai ketentuan yg berlaku.

kepala seksi Humas BEACUKAI SULBAGSEL ini  juga menyampaikan bahwa tujuan penurunan tarif ini merupakan antisipasi pemerintah terkait banyaknya modus penyalahgunaan pembebasan tersebut sehingga barang beberapa barang produksi dalam negeri sulit bersaing penjualannya di masyarakat.

Dalam kesempatan ini pula beliau menyampaikan himbauan dari ibu Menteri,  “Kepada masyarakat agar mencintai dan selalu menggunakan produk produk dalam Negeri.”

Semoga dengan adanya sosialisasi peraturan ini,  masyarakat Makassar mengerti dan paham dan yang pasti Pemerintah  sangat berharap supaya masyarakat Makassar bisa lebih mencintai dan menggunakan produk dalam negeri ” tutupnya. RUS/RedWS.

News Feed