Pesan Dakwah 20 Dzulhijjah 1439H By: Prof. Veni Hadju

Religi208 views

SANGKAAN BAIK

Wartasulsel.net,- Riset kedokteran saat ini telah memperlihatkan bahwa status kesehatan manusia berhubungan dengan amalan-amalan hati. Salah satu amalan hati adalah sangkaan baik kepada Allah dan kepada sesama manusia. Sangkaan baik berlawanan dengan sangkaan buruk. Saat seseorang bersangka buruk maka sel-sel tubuh akan merespon negatif yg menjadikan kerja organ-organ tubuh terganggu dan pada akhirnya menimbulkan penyakit.

Daeng Manye

Bersangka baik kepada Allah adalah indiktor keberimanan seseorang. Semakin tinggi iman seseorang maka ia akan yakin bahwa Allah telah memberikan yg terbaik kepadanya. Dia yakin bahwa Allah pasti mengasihinya. Dia juga yakin pasti Allah memberikan balasan yang terbaik darii seriap perbuatannya. Sayang sekali sebagian orang beriman masih ragu dan bahkan bersangka buruk.

Allah telah menegaskan dalam salah satu hadist Qudsi bahwa Dia sesuai dengan persangkaan hamba-Nya. Maka sangkaan baik kita kepada Allah pasti akan mendatangkan kebaikan dalam diri kita. Sebaliknya sangkaan buruk akan membuahkan keburukan. Kita juga diminta utk selalu menjauhkan sangkaan2 buruk kepada sesama manusia.

Maha Benar Allah dengan firman-Nya: Yaa ayyuhalladziina aamanuj taniibuu katsiiram minazhzhan, inna ba’dhazh zhanni itsmuw walaa tajassasuu walaa yaghtab ba’dhukum ba’dhaa (QS Al-Hujurat 49:12). Artinya: Wahai orang-orang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yg lain.

SELALULAH BERSANGKA BAIK TERHADAP APA YG ANDA DENGAR, LIHAT, DAN RASAKAN.