by

SMKs Garudaya Bontonompo Juara 1 Lomba AHMBS 2018 Region Makassar

Wartasulsel.net, Makassar. Astra Honda Motor melaksanakan lomba AHMBS (Astra Honda Motor Best Student) Tahun 2018. Lomba yang tiap tahun dilaksanakan ini untuk menggali potensi dan jiwa wirausaha dikalangan pelajar.

Lomba ini mengambil tema “The Millenial Race Of Young Entrepreneurship”, yaitu menyiapkan generasi milienial berbasis jiwa wirausaha di kalangam pelajar. Lomba AHMBS 2018 yang dilaksanakan di HSO Astra Motor Makassar, Jl. Sultan Alauddin Makassar, 16-07-2018.

 

Lomba ini tiap tahun dilaksanakan oleh Astra Honda Motor setiap tahun dengan tema yamg berbeda, tetdapat 5 finalis yang akan bertanding untuk menjadi juara 1 mewakili region Makassar yang akan bertanding di Jakarta tanggal 31 Juli 2018 mendatang, ucap Syarif Hidayatullah (Ketua Panitia).

Foto: Kelima Finalis Menerima Hadiah dan Sertifikat dari Perwakilan Astra Motor Makassar

Kelima finalis ini terdiri dari 4 tim perwakilan dari SMKs Garudaya Bontonompo Kab. Gowa dan 1 tim dari SMAN 5 Takalar. Kelima finalis ini akan diuji oleh 3 orang dewan juri yaitu 1 orang perwakilan internal Astra Motor,  1 orang akademisi dan 1 orang dari perwakilam jurnalis.

 

Lomba AHMBS 2018 yang dimulai pada jam 10.00 wita yang terlebih dahulu dilakukan undian untuk tampil presentasi di depan dewan juri. Dari 5 judul usaha yang terseleksi ini memiliki keunikan masing-masing, ada usaha dengan memanfaatkan limbah, usaha kue -kue tradisional, usaha es cream, usaha es teler dan usaha bebek petelur, ucap Arif Reda.

Foto: Suasana Sesi Presentasi Peserta AHMBS 2018

Setelah dilakukan pengundian, maka para peserta tampil satu per satu mempresentasikan kegiatan usaha yang jalankan selama. Para dewan juri pun melontarkan beberapa pertanyaan untuk menguji dan mengetahui pemahaman para peserta atas usaha yang dilaksanakan.

 

Usaha ini lakukan secara turin temurun, demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Usaha saya yaitu Home Traditional Cake (Hotake) yaitu usaha yang menjual aneka kue-kue tradisional yang berlokasi di sekitar sekolah saya, ucap Firmansyah (peserta perwakilan SMAN 5 Takalar).

 

Setelah semua peserta tampil menyampaikan usaha yang dijalankan maka dewan juri melaksanakan rapat tertutup intuk menentukan urutan para juara. Kami akan rapat tertutup sekitar 20 sampai 30 menit untuk menentukan urutan juara atas berbagai kriteria penilaian yang telah disiapkan oleh panitia, ucapa salah seorang dewan juri.

 

Berselang beberapa menit, maka para peserta lomba AHMBS 2018 yang didampingi oleh para guru pembimbing berkumpul di ruangan untuk mendengarkan pengumaman para juara. Perwakilan dewan juri pun tampil didepan untuk menyampaikan hasil rapat tertutup penentuan juara.

 

Baik anak-anak sekalian serta para bapak dan ibu guru, berdasarkan hasil penilaian dan rapat yang dilakukan oleh tim juri, maka adapun hasil penentuan juara yaitu….. (coba berhenti sejenak kemudian melempar senyum ke peserta lomba agar tidak terlalu tegang), ucap ketua dewan juri.

 

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri maka hasilnya ialah:

Juara 1 Nurwahidah dari SMKs Garudaya Bontonompo

Juara 2 Firmansyah dari SMAN 5 Takalar

Juara 3 Ucok Saputra dari SMKs Garudaya Bontonompo

Juara 4 Asniati Ismail dari SMKs Garudaya Bontonompo

Juara 5 Rizaldi dari SMKs Garudaya Bontonompo

 

Saya sangat terharu, kaget dan bahagia, saya tidak menyangka bahwa saya yang akan juara 1 padahal peserta lainnya juga sangat bangus presentasinya, ucap Nurwahidah.

 

Juara 1 ini akan ditraining lebih matang oleh tim Astra Motor dan guru pembimbing sampai 2 minggu kedepan agar lebih matang lagi menuju presentasi di Jakarta nanto, ucap Syarif Hidayatullah.

 

Saya mewakili SMKs Garudaya Bontonompo sangat bangga dengan prestasi yang di raih oleh siswa kami, kami bersyukur dan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi sekolah kami, ucap Islamuddin (Wakasek. SMKs Garudaya Bontonompo).

 

Penulis: Abdul Jalil/redws

News Feed