by

Tim PKM Unismuh Makassar Teliti Budaya Kajang Di Bulukumba

Wartasulsel.net, Bulukumba. Menelisik Makna Pamali dalam Kehidupan Masyarakat Suku Kajang Kabupaten Bulukumba Melalui Kajian Semiotika Sosial Halliday.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar telah melakukan kegiatan penelitian bidang sosial humaniora di kawasan adat kajang Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut merupakan hasil dari tindak lanjut program kreativitas mahasiswa yang didanai oleh DIKTI.

wartasulsel

 

Kegiatan ini penting dilakukan untuk mengetahui secara mendalam tentang makna pamali dalam kehidupan masyarakat kajang. Kepercayaan dan nilai yang terkandung dalam pamali diyakini memberikan kontribusi dalam konteks sosiologi sastra.

 

Pamali menjadi bagian dari kekayaan pengungkapan kepercayaan masyarakat Kajang. Sekalipun telah mengalami banyak pergeseran, namun kekhawatiran masyarakatnya yang tidak ingin mencederai kesakralan kawasan adat kajang menjadikan pamali tetap ada dan memiliki kedudukan yang tinggi bagi masyarakat kajang.

Foto: Suasana Kunjungan Tim PKM Unismuh Makassar Di Suku Kajang Bulukumba

Jika memakai perspektif budaya dalam konsep pelestarian, kepercayaan terhadap pamali dipandang sebagai langkah untuk terus mempertahankan tradisi lisan yang turun-temurun diwariskan oleh generasi sebelumnya.

 

Ketua jurusan pasca sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Unismuh Makassar, Dr. H. Abdul Rahman Rahim M. Hum, mengatakan program ini menjadi bagian dari perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian.

Foto: Tim PKM Unismuh Makassar

Hal ini sekaligus mendorong kuantitas penelitian civitas akademika Unismuh Makassar dalam memanfaatkan peluang hibah riset yang disediakan pihak pemerintah.

 

Penulis: Rusdi/redws

News Feed