Wakili Indonesia Timur, Takalar Raih Penghargaan Kolektibilitas Iuran JKN-KIS 2018

Pemerintahan248 views

Wartasulsel.net, Takalar – Kabupaten Takalar kembali menorehkan prestasi yang luar biasa dengan berhasil keluar sebagai juara Terbaik II perihal kolektibilitas iuran JKN-KIS se-Indonesia Timur tahun 2018.

Prestasi ini diraih oleh Takalar sebagai Kabupaten peserta penyelenggaraan jaminan BPJS yang telah mampu melakukan pembuktian terhadap pembayaran iuran BPJS dan juga tepat jumlah penerima tepat waktu.

Daeng Manye

Bahkan penghargaan yang diraih Kabupaten Takalar juga sekaligus mewakili provinsi Sulawesi Selatan dalam Raihan juara terbaik II kolektibilitas ini.

Bupati Takalar Syamsari Kitta, mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih oleh Takalar merupakan salah satu indikator upaya untuk mewujudkan kesehatan gratis bagi warga Takalar sesuai dengan visi misi yang tertuang dalam program P22 Bupati dan wakil bupati Takalar.

“Itu sudah menjadi salah satu komitmen kami, bahkan sudah masuk dalam program prioritas di RPJMD. Maka Kedepannya kita akan terus anggarkan dan terutama bagi orang yang kurang mampu jangan sampai ada yang tidak tercover dengan baik,” Jelas Syamsari Kitta usai Takalar meraih penghargaan tersebut.

Lebih jelas Syamsari Kitta menjelaskan, tahun ini Pemkab Takalar melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) telah membayarkan total Penerima Bantuan Iuran (PBI) mencapai Rp 11 Milyar dan itu mulai per-awal semester 2018.

Sementara itu Kepala Badan Pengeloaan Keuangan Daerah (BPKD) Takalar Basri Sulaiman, mengungkapkan saat ini jumlah warga yang telah tercover oleh BPJS sebanyak 271.962 jiwa atau telah mencapai 97 persen dari total 285.540 ribu warga Takalar.

“Jadi Takalar meraih penghargaan kedua terbaik karena tepat waktu pembayaran iuran, tepat jumlah penerima se-Indonesia Timur. Kita beda tipis dengan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara yang berhasil menjadi juara pertama dan kabupaten Kolaka menjadi juara ketiga,” Kata Basri Sulaiman usai mewakili Bupati Takalar menerima penghargaan yang berlangsung di Makassar, 11 Juli 2018 kemarin.

Basri Sulaiman menjelaskan untuk tahap semester kedua tahun 2018 ini, pemkab kembali menggelontorkan dana sebanyak Rp 5 Milyar untuk membayarkan iuran PBI.

“Nah, untuk Tri wulan ke empat ini akan kembali dimasukkan pada penganggaran perubahan sebanyak Rp 5 miliar. Kami juga berharap Untuk tahun 2019 mendatang pemkab Takalar optimis mampu meraih juara I, Insyaallah,” tegasnya.(rls)